2 Days 1 Night 'Dadakan ke Singapore' Part 3 Final

The Cocoa Trees Changi Airport Singapore - habisliburan.com

Lanjut Part 3 Cerita Habisliburan 'Dadakan ke Singapore' nih. Kemaren di Part 2 nya berisi tentang perjalananku ke tempat-tempat wisata yang ada di Singapura, sekarang lanjut deh aku bakal ulas tempat aku menginap di Singapura, dan makanan-makanan apa aja yang aku makan di sana.

Dari kantor suamiku udah di bookingin hostel yang deket sama tempat acaranya. Dan ternyata hostel itu bisa buat dua orang, jadi aku nggak nambah kamar lagi, aku nimbrung aja di situ wkwk. Nama hostelnya adalah 'Eighteen By Three Cabins' yang terletak di Stanley St, Singapore.

Dari Garden by The Bay menuju ke hostel naik Grab Car lagi. Lumayan cepet sih perjalanannya, nggak sampe setengah jam. Sampai di depan hostel kita langsung masuk dan ternyata ni hostel ada di lantai 2 (level 2). Untuk waktu check-in di hostel ini dimulai Pukul 2 siang Waktu Singapura, sedangkan waktu check-out nya Pukul 11 siang Waktu Singapura.

Tampak depan Eighteen By Three Cabins Hostel Singapore - habisliburan.com

Masuk ke dalam kita langsung disambut oleh pegawai hostel. Kita mulai check-in. Prosesnya lumayan juga sewaktu check-in banyak data-data yang harus diisi. Tak lupa juga kita dimintai petugas untuk menunjukkan paspor kita masing-masing. Setelah selesai check-in, kita langsung dikasih sandal hotel. Sandalnya beda sama sandal-sandal yang ada di hotel yang sekali pake. Ni sendal terbuat dari karet. Setiap yang menginap disitu wajib memakai sendal tersebut. Untuk sepatu/sandal pribadi kita bisa kita taruh di loker yang sudah disiapkan oleh si petugas tadi.

Sandal Hostel Eighteen By Three Cabins Singapore - habisliburan.com
Sandal hostel - habisliburan.com

Eighteen By Three Cabins Hostel Singapore - habisliburan.com
Ruang tunggu/ruang santai hostel - habisliburan.com

Setelah menaruh sepatu di loker, kita akan diantar petugas menuju ke kamar. Sambil dijelaskan fasilitas-fasilitas apa saja yang bisa kita dapatkan dan pergunakan di sini. Di hostel ini sudah tersedia galon untuk air minum bersama, setrikaan untuk bersama, dan ada kamar mandi di setiap lantainya untuk dipakai bersama. Perlu diketahui bahwa kamar mandi di hostel ini adalah kamar mandi luar, bukan kamar mandi dalam kamar.

Untuk sarapan pagi besok harinya, kita bisa turun ke pantry dan menyiapkan sendiri sarapan kita. Di sana bakal disediakan roti, selai, minuman-minuman sachet seperti milo, kopi, dsb. Setelah selesai menggunakan gelas/piring jangan lupa untuk dicuci sendiri dan dikembalikan sesuai tempatnya.

Kartu kamar - habisliburan.com

Penampakan dalam kamar - habisliburan.com

Tangga menuju ke tempat tidur (lantai 2) dalam kamar - habisliburan.com

Fasilitas Hanger - habisliburan.com

Aminities Hostel - habisliburan.com

Kursi Meja di Lantai 2 Kamar - habisliburan.com

Eighteen By Three Cabins Hostel Singapore - habisliburan.com
Tempat tidur kamar hostel - habisliburan.com

Cermin dalam kamar hostel - habisliburan.com

Penampakan dari lantai 2 dalam kamar - habisliburan.com

Oiya, kita juga dilarang untuk makan di dalam kamar ya guys, dimohon juga untuk tetap menjaga kebersihan kamar. Kartu pembuka pintu yang diberikan petugas harus selalu kita bawa saat kita meninggalkan kamar. Kartu tersebut selain digunakan untuk membuka pintu kamar, juga digunakan untuk membuka pintu umum (pintu masuk). Untuk colokan listrik di hostel ini juga menggunakan kaki tiga, untung kita sudah persiapan sebelumnya, jadi aman.

Kamar mandi di hostel ini meskipun dipakai bersama juga cukup bersih. Air yang ada juga lancar. Di kamar mandinya lengkap, terdapat kloset duduk, shower, tisu, dan wastafel. Petugas hostelnya juga ramah-ramah. Mereka malah memberikan info ke kita di mana-mana saja kita bisa menemukan makanan-makanan halal yang ada di sekitaran hostel.

Sekian untuk review hostelnya. Lanjut aku mau share di sana aku makan apa aja. Ada dua tempat. Dan keduanya emang aku cari yang ada label halalnya.

Yang pertama, aku beli makanan yang ada di sekitaran hostel, cukup jalan kaki ke sana. Nama tempatnya 'Lee Wee & Brothers'. Di sana harga makanan di range $4.80 - $6.00. Kita berdua waktu itu pesen Crispy Chicken Lunch Box dan Jasmine Tea. Di dalam menu tersebut kita dapet Nasi Lemak (atau kalau aku bilang hampir mirip sama nasi uduk kalau di Indonesia), Crispy Chicken, Otak-otak ikan, Fish Cake, Sambal Chilli, dan Peanuts. Untuk soal rasanya enak sih menurutku, cocok di lidah hehe.

Lee Wee & Brothers Singapura - habisliburan.com

Crispy Chicken Lunch Box Lee Wee & Brothers - habisliburan.com

Untuk makanan yang kedua, aku keesokan harinya makan di food court Terminal 4 Changi Airport. Karena takut kebingungan pas mau check-in di Bandaranya jadi kita berangkat pagian dari hostel. Di sana kita sarapan 'Chicken Rice' dan yang pasti nyari yang ada label halalnya hehe.

Chicken Rice Changi Airport - habisliburan.com

Di Chicken Rice ini sama juga makanannya dibanderol dengan harga sekitaran $4.80 - $5.00. Untuk menu sarapan kali ini juga cocok di lidahku. Nasi ayamnya enak. Kalau beli paket yang set, sudah dilengkapi juga dengan sayuran, seperti kuah sop atau sayur taoge.

Beli makanan di food court Singapura, kita harus mandiri. Berdasarkan pengalamanku di food court Changi Airport, pertama, kita pilih dan pesan menu ke penjual. Setelah itu bayar. Ambil nampan yang sudah tersedia. Setelah makanan jadi, lalu ditaruh ke nampan. Selanjutnya ambil sendok/garpu/sumpit. Ambil sambal/saos sesuai selera. Bawa nampan ke meja. Setelah selesai makan, akan ada petugas yang akan membersihkan piring-piring kita.

Selesai kenyang, lanjut deh kita persiapan buat balik ke Indonesia. Sebelumnya kita cetak boarding pass terlebih dahulu sesuai dengan maskapai penerbangan. Lanjut check-in paspor dan boarding pass secara otomatis. Lalu pengecekan dan scan barang. Selesai masuklah kita ke tempat perbelanjaan atau pertokoan di sana. Kita bisa membeli oleh-oleh Singapura yang sudah bebas pajak.

Changi Airport - habisliburan.com

Steel in Bloom Changi Airport - habisliburan.com

Pertokoan di Changi Airport - habisliburan.com

Ruang Tunggu Changi Airport - habisliburan.com

Perjalanan pulang dari Singapura ke Indonesia sekitar 2 jam 15 menit. Di perjalanan kita akan diberikan kertas imigrasi dan bea cukai untuk kita isi. Sampai di Bandara Adisucipto antri untuk pengecekan dan pengecapan paspor. Lanjut ke pelaporan bea cukai (kalau ada barang yang harus dilaporkan). Yang terakhir scan barang bawaan. Selesei deh :D Akhirnya sampai ke Indonesia lagi. Bener-bener pengalaman yang menyenangkan dan berharga walaupun singkat. Semoga besok lain kali masih bisa berkesempatan pergi ke luar negeri lagi.. Aamiinn ya Allah :)