2 Days 1 Night 'Dadakan ke Singapore' Part 2

Flower Dome Garden by The Bay - habisliburan.com

Hai hai hai... kembali lagi di Cerita Habisliburan. Yeayy! Masih inget nggak guys sama postinganku yang terakhir kemaren tentang liburan dadakanku ke Singapura Part 1? Nah, kali ini aku bakal lanjutin ceritaku nih. Udah siap kan kalian semua? hehe

Flashback sebentar, jadi di Part 1 aku udah jelasin, gimana prosesnya kok bisa aku jadinya ikutan pergi ke Singapura bareng suamiku. Aku juga udah paparin apa-apa aja sih yang harus kita persiapkan kalau mau 'go to Singapore'. Lanjutannya, di Part 2 nya ini, bakal aku ceritain perjalananku dari Bandara Adisucipto Jogja - Changi Airport Singapura - Merlion Park - Garden by The Bay.

Come on! Let's check it out!!

Jadi, kita flight dari Bandara Adisucipto Jogjakarta Pukul 07.25 WIB. Kemarin udah aku infoin juga kita naik pesawat Air As*a. Karena kita belum pernah sama sekali melakukan perjalanan ke luar negeri, dan takut nanti malah mepet waktunya, kita berangkat dari rumah Pukul 04.10 pagi habis shubuhan. Sampai di bandara waktu itu masih Pukul 04.50 WIB. Langsung nyari parkiran sepeda motor yang bisa 'nginep' sehari. Udah dapet parkiran, kita menuju ke Terminal B, khusus penerbangan Internasional. Perlu diketahui, di Bandara Adisucipto Jogja, terminal terbagi menjadi dua, yakni A dan B. Terminal A untuk penerbangan domestik, sedangkan Terminal B untuk penerbangan Internasional.

Sampai di Terminal B, kita langsung menuju ke arah petugas yang bakal melakukan pengecekan  pertama kali. Berhubung kita dah check-in via aplikasi Air Asia, jadi kita langsung tunjukin aja pesanan tiket ke petugas via ponsel. Nah, dah masuk ke dalem, langsung kita print boarding pass lewat mesin pencetak Air Asia. Untungnya kita nggak pakai bagasi karena barang-barang yang kita bawa nggak terlalu banyak dan bisa kita bawa sendiri. Yang lama sih nunggu antrean bagasinya itu.

Nah, karena kita nggak pakai bagasi itu tadi, jadi kita langsung aja deh menuju ke petugas untuk Xray atau scan barang. Alhamdulillah kita melalui tahap ini dengan lancar. Lanjut masuk, ternyata bagian Imigrasi masih ditutup mungkin karena kita datangnya terlalu pagi. Yaudah deh kita nunggu dulu. Bagian Imigrasi baru dibuka sekitar jam setengah 7an lebih. Setelah bagian Imigrasi dibuka, langsung kita antre menyerahkan paspor dan boarding pass untuk dilakukan pengecekan ulang daftar penumpang. Setelah itu, kita lanjut antri dibagian imigrasinya untuk dapat cap di paspor. Alhamdulillah waktu itu lancar, nggak ditanya-tanyain apapun.

Lanjut kita melakukan Xray barang sekali lagi sebelum masuk ke ruang tunggu. Waktu itu aku dihentikan petugas karena di tasku ada semacam cairan. Aku keluarin semua isi tas, dan emang cairan itu make-up dan parfum, jadi aman. Udah selesai, kita tunggu lagi di ruang tunggu sebelum masuk ke pesawat.

Tak berapa lama, kita udah dibolehin masuk ke dalam pesawat. Di dalam pesawat, kita bakal dibagikan kertas Imigrasi untuk nantinya kita serahkan ke bagian Imigrasi di Changi Airport. Nah ini nih pentingnya bawa pulpen sendiri, kita bisa isi langsung kertas imigrasinya. Kertas imigrasi ini berisi informasi seperti  nama lengkap, tempat tanggal lahir, asal, menginap dimana ketika di Singapura, berapa hari, tujuan setelah dari Singapura. Kita harus mengisinya secara komplit dan jelas. Jika tidak, maka bisa saja nanti malah akan dijadikan bahan pertanyaan bagi petugas imigrasi yang bersangkutan. Perjalanan dengan menggunakan pesawat ini selama 2 jam 15 menitan. Karena Waktu Indonesia dan Waktu Singapura selisih waktu 1 jam, jadi baru sampai di Changi Airport pukul 10.35 Waktu Singapura.

Penerbangan dari Jogja - habisliburan.com

Penerbangan sampai di Singapura - habisliburan.com

Sesampainya di Changi kita langsung menuju ke bagian Imigrasi. Di Singapura memang segala sesuatunya sudah tertata rapi dan sistematis. Petugas Imigrasi yang berjaga pun juga dalam jumlah cukup banyak. Tanpa perlu antre panjang, langsung kita bertemu dengan petugas Imigrasi satu persatu. Kita akan dimintai paspor dan juga boarding pass. Selain itu, kita juga akan diminta untuk melakukan cap sidik jari. Lanjut, paspor kita akan dicap oleh petugas dan kita akan diberikan sobekan kertas imigrasi milik kita tadi. Sobekan tersebut harus kita simpan baik-baik sampai kita pulang lagi ke Indonesia. Tanpa ada pertanyaan satu pun alhamdulillah lancar, pintu otomatis terbuka, dan yeaaayy akhirnya Welcome to Singapore for the first time!!!

Changi Airport Singapore - habisliburan.com

Nah, hal pertama yang kita lakukan sesampainya di Changi Airport adalah menukar SIM Card yang telah kita beli vouchernya via aplikasi Trave*oka kemarin. Kita menukarkannya di Toko 'Cheers'. Ketika penukaran, kita menunjukkan bukti voucher dan juga paspor untuk di data dan di fotokopi oleh petugas toko. Selesai langsung ganti SIM Card Singapura, dannnn bener-bener cepet abis sinyal internet di sana. Mantabbb!!

Toko 'Cheers' tempat penukaran SIM Card Singapore - habisliburan.com

Lanjut, tujuan pertama kita adalah ke Merlion Park. Untuk mempersingkat waktu, langsung kita pesan Grab Car. Untuk pemesanan Grab Car di Changi Airport Singapura, kita harus secara detail menuliskan lokasi penjemputan, seperti kalau aku kemarin Terminal 4 (Letak terminal), Level 2 (Lantai kita berada), 3 (Pintu 3). Pembayaran Grab Car di Singapura bisa dilakukan secara cash dan juga via kartu. Karena pendaftaran via kartu kita yang gagal-gagal terus, akhirnya kita putuskan buat bayar cash.

Tak berapa lama driver pun tiba. Perjalanan dari Changi Airport ke Merlion Park ditempuh sekitar setengah jam-an dengan biaya 17 SGD dan tambahan 1 SGD untuk biaya tol. Sampai di tujuan, kita diturunkan di lobby hotel dekat Merlion Park, untuk menuju ke sana kita harus berjalan kaki. Cuaca saat itu bener-bener panas banget. Untung kita tadi udah isi air minum di bandara, untuk mencegah dehidrasi. Sampai di Merlion Park sudah banyak orang yang berkunjung di sana. Di Merlion Park ini kita bakal menemui berbagai bangunan-bangunan ikonnya Negara Singapura, seperti Patung Merlion, Marina Bay Sands, Singapore Flyer, Esplanade-Theatres on The Bay, dan gedung-gedung tinggi lainnya. Langsung foto-foto lah kita.

Perjalanan menuju ke Merlion Park - habisliburan.com

Tiba di Merlion Park Singapura - habisliburan.com

Merlion Park Singapura - habisliburan.com

Marina Bay Sands di siang hari - habisliburan.com

Gedung-gedung di sekitaran Merlion Park - habisliburan.com

Esplanade Theatres on the bay Singapore - habisliburan.com

Singapore River Cruise - habisliburan.com

Udah puas foto-foto, langsung kita siap-siap pesan Grab Car menuju ke Garden by The Bay. Kali ini kita dapet driver Grab nya yang ramah banget, suka kasih tips-tips gitu. Dia bilang, nanti jangan pesen Grab jam 5 sore ke atas, karena itu pas jam pulang kantor, dan harganya bakal tinggi. Jadi nanti kalau bisa sebelum jam 5 sore pesen Grab nya. Kalau pagi antara jam 8-10 an pagi itu juga bakal harganya tinggi. Waah makasih banyak lah pokoknya sama driver ramah di Singapore yang satu ini. Orangnya juga lucu, kocak. Kita ketawa-tawa trus di dalem mobil.

Tak terasa, cuma sekitar 7 menitan, sampailah kita di Garden by The Bay. Selama ini cuman liat dari foto-fotonya orang, alhamdulillah sekarang bisa liat secara langsungnya hehe.

Garden by The Bay Singapore - habisliburan.com

Kita jalan masuk ke dalam, dan bingung ini perlu cetak tiket apa enggak ya, jadi kita putuskan untuk tanya ke bagian informasi. Ternyata kita nggak perlu untuk cetak tiketnya, langsung di scan dari hp. Okedeh. Oiya tiket yang kita pesan bisa untuk mengunjungi 2 tempat di Garden by The Bay. Kita akan mengunjungi Flower Dome dan satunya lagi Cloud Forest.

Pertama kali kita mengunjungi Flower Dome terlebih dahulu. Sebelum masuk ke dalam kita akan di scan barcode dari tiket yang udah kita beli. Waaaaaa, pertama kali masuk bagus banget. Aku pikir di dalem bakalan panas, ternyata enggak dong, dingin kayak ada AC nya gitu. Jadi nyaman banget jalan-jalannya. Di Flower Dome ini banyak banget tumbuh-tumbuhan dan bunga-bunga yang berasal dari berbagai benua, seperti Asia, Afrika, Australia, dsb. Bener-bener cantik dan tertata rapi.

Flower Dome Garden by The Bay Singapore - habisliburan.com

Toko oleh-oleh di Garden by The Bay Singapore - habisliburan.com

Setelah puas menikmati bunga-bunga indah bermekaran (cielah), lanjut kita menuju ke the next destination 'Cloud Forest'. Wah ini nih yang emang aku pinginin kalau pergi ke Singapore. Ada air terjun buatan yang tinggi banget di sini. Sebelum masuk, scan barcode lagi. Waktu pertama kali masuk langsung kita ketemu sama air terjunnya. Bagus banget Subhanallah, love banget. Adem seger gitu, langsung cus foto-foto.

Cloud Forest Garden by The Bay Singapore - habisliburan.com

Lanjut kita berkeliling, dan ternyata di sini kita bisa naik ke lantai atas, bahkan bisa menuju ke lantai di ujung air terjunnya. Kita naik ke atas dengan menggunakan lift dan tanpa berdesak-desakan karena memang sudah diatur dengan petugas berapa orang yang akan masuk lift. Naik ke lantai atas sendiri, bagus banget, kita bisa liat ikon-ikon Singapore tadi dari dalem. Pokoknya puas banget jalan-jalan di sini.

Udah puas berkeliling, waktu sudah menunjukkan pukul 3 sore Waktu Singapura. Kita putuskan buat cus ke hostel. Sebelum menuju ke pintu keluar, tak lupa isi air minum dulu dari kran-kran minum yang sudah disediakan di sana. Kita juga akan melewati toko oleh-oleh. Pengunjung bisa bebas membeli oleh-oleh seperti gantungan kunci, hiasan, patung ikon-ikon Singapura atau Garden by The Bay di sini. Pembayaran juga bisa pakai kartu ataupun cash.

Waah puas banget pokoknya jalan-jalan kali ini. Tak terasa kaki dah mulai pegel-pegel. Lanjut deh pesen Grab lagi menuju ke Hostel.

Untuk video TikTok liburanku ke Singapura ini udah aku upload di akun TikTok Habisliburan yaa. Bisa kalian cek di link ini --> Dadakan ke Singapore :)