Tips : Liburan #dirumahaja ala Habisliburan.com

Tips Liburan #dirumahaja

Di tengah maraknya wabah Virus Corona (COVID 19) yang melanda di sejumlah negara, tak terkecuali di Indonesia, saat ini 'Sosial Distancing' pun diberlakukan. Masyarakat di Indonesia dihimbau untuk tidak berpergian ke luar rumah dan menghindari keramaian. Hal ini tentu akan merubah gaya hidup seseorang, dari yang biasanya bekerja, bersekolah, beribadah, dan berlibur di luar rumah, sekarang semuanya harus dilakukan di dalam rumah saja. Sampai kapan ini akan berakhir? Kita semua tidak tahu, yang jelas, kalau kita mau ini segera berakhir, kita harus disiplin mematuhi himbauan-himbauan dari pemerintah tersebut ya sobat :)

Nah, tinggal di dalam rumah aja, bagi sebagian orang pasti adalah hal yang amat sangat membosankan. Kalau pas jam kerja, ada yang bisa kita kerjakan, tapi kalau pas hari libur, bingung mau ngapain ya? Biasanya sih pergi liburan ke luar kota, ke tempat-tempat wisata, dan lain sebagainya, nah ini harus stay di rumah aja :")

Siapa bilang liburan seru #dirumahaja nggak bisa dilakukan? Banyak hal yang bisa kita lakukan untuk menghabiskan waktu libur #dirumahaja lho !! Apa aja tuh kira-kira? Kali ini bakalan aku share hal-hal apa aja nih yang bisa kita lakuin pas kita liburan #dirumahaja.

Check it out!! :D

1. Nonton Film / Drama

Nah, hal pertama kali yang bisa kita lakukan adalah nonton film atau drama. Kalau misal kamu emang orang yang seneng dan hobi banget nonton film di bioskop, sekarang saatnya kita pindahkan bioskop kita ke dalam rumah. Buat tempat nonton (bisa di dalam kamar, ruang keluarga) senyaman mungkin. Jangan lupa sediakan camilan kesukaan. Kalau kamu orang yang sebelumnya suka nongkrong di warnet / internet cafe buat copy film/drama2 amaaan, insyaallah masih ada stok, tapi kalau enggak, tenang aja, sekarang kita bisa nonton film-film box office atau drama-drama via aplikasi, seperti Netflix, Viu, dan masih banyak lagi lainnya. 

2. Memasak

Karena bakal #dirumahaja dalam waktu cukup lama, nggak ada salahnya kan kalau kita belajar memasak. Masak apa aja deh kesukaan kita. Atau bisa juga kita nyobain menu-menu baru yang unik. Itung-itung jadi nambah skill kan? hehe. Untuk bahan-bahannya pun, karena kita dibatasi untuk pergi ke luar, kita bisa beli bahan seperti sayuran, buah, bahan pokoknya via aplikasi lho. Paketnya bakal dikirimkan langsung oleh si penjual. Contoh aplikasi yang bisa digunakan, seperti : TaniHub, Sayurbox, HappyFresh, dan masih banyak lagi lainnya. Nah, kalau masalah resepnya nih kita bisa berpedoman dari aplikasi Cookpad yang bener-bener membantu banget. Atau bisa juga cek di instagram @endeus.tv, @cchannel_food_id, dan masih banyak lainnya. Bakal bangga banget deh kalau kita berhasil masak makanan-makanan enak. Bakal dibikin ketagihan setelah itu :D

3. Bersih-Bersih Rumah

Menghabiskan waktu libur di rumah yang bermanfaat lainnya adalah bersih-bersih rumah. Kita bisa mengelap jendela/cermin-cermin yang ada di rumah kita, menyapu, mengepel, menata-nata rumah, dan lain sebagainya. Hal ini juga penting banget buat dilakukan di tengah wabah Virus Corona ini, kita harus tetap menjaga kebersihan diri dan juga lingkungan sekitar. Kalau itu sudah kita lakukan, rumah bakalan jadi bersih dan kinclong. Selain itu, bersih-bersih rumah juga bisa kita manfaatin buat dapat keringat, itung-itung olahraga ya kan? Badan sehat, rumah pun bersih dan indah :D

4. Mengumpulkan Baju/Barang Bekas

Waktu liburan di rumah juga nggak ada salahnya kita manfaatin buat mengumpulkan baju-baju milik kita yang udah nggak kepake. Selain itu, barang-barang bekas yang ada di rumah yang sekiranya udah lama nggak kepake juga bisa kita kumpulin jadi satu pake kardus/ karung. Kalau baju/barangnya masih layak pake, bisa kita sumbangin ke orang-orang yang membutuhkan atau kalau sekiranya ada yang bisa kita jadiin duit, bisa kita jual online. Kan lumayan tuh hitung-hitung sedekah dan juga bisa dapet penghasilan tambahan haha. 

5. Membaca Buku

Hal kelima yang bisa kita lakukan selanjutnya adalah membaca buku. Buku apa aja. Dengan membaca, kita juga bakal mendapat ilmu pengetahuan baru, wawasan baru. Waktu yang terbuang pun juga tidak akan sia-sia. Lebih produktif lagi, kalau misal setelah kita selesai membaca, kita lalu melakukan review terhadap buku tersebut. Hasil review-nya bisa kita tuangkan dalam tulisan, ataupun cerita. Kita juga bisa share hasil review kita tersebut kepada orang lain. Gimana nggak bermanfaat banget tuh? Manfaat bagi diri sendiri dan juga untuk orang lain bukan?

6. Menulis

Kegiatan menulis ini nggak cuma bisa dilakukan sama orang yang hobi nulis aja. Siapapun bisa menulis. Setiap orang pasti punya cerita dan pemikirannya masing-masing. Hal tersebut bisa kita tuangkan ke dalam bentuk tulisan. Bisa kita tulis dalam bentuk blog pribadi, caption instagram, atau bahkan kita bisa bikin buku sendiri. Nggak mesti harus bagus, yang penting tulis aja dulu. Tulis sebanyak-banyaknya. Lebih baik lagi jika kita bisa menuliskan tentang hal-hal yang bisa bermanfaat bagi orang lain. Bakalan mengabiskan waktu yang panjang deh kalau kita udah ketagihan sama menulis hehe. Nggak sadar tahu-tahu udah ganti hari aja :p

7.  Ndengerin Musik /Podcast

Sebagian besar orang pasti suka mendengarkan musik. Mau orang tua, anak muda, anak kecil semuanya punya selera musiknya sendiri-sendiri. Selain itu, sekarang yang lagi hits adalah ndengerin Podcast. Podcast sendiri berisi tentang obrolan/cerita dari orang-orang. Kita bisa menghabiskan waktu liburan kita dengan mendengarkan musik /Podcast. Dengarkan musik-musik yang kalian senangi dan yang bisa menaikkan mood jadi bagus. Atau bisa juga ikutin Podcast orang-orang yang menurut kalian menarik. Dijamin bakalan asyik dan nggak bikin bosen. Sekarang banyak aplikasi-aplikasi yang bisa kita gunakan, seperti Spotify, Joox, dan masih banyak lagi lainnya.

8. Nonton Youtube

Sama seperti ngederin musik/podcast. Nonton youtube juga bisa menjadi salah satu alternatif menarik untuk menghabiskan waktu liburan kita di rumah. Sekarang banyak banget akun-akun youtube yang menyajikan beragam tayangan yang menghibur, informatif, dan juga inovatif. Kita bisa menonton channel youtube kesukaan kita. Konten youtube yang menarik bakalan bikin kita betah berjam-jam buat nontonnya. Dijamin asyik dan killing time banget deh.

9. Olahraga

Mungkin selama lima hari bekerja, kita jarang banget nih ada waktu buat olahraga, padahal olahraga adalah sesuatu yang cukup penting. Kita bisa memanfaatkan waktu di rumah buat olahraga. Olahraga nggak mesti harus mengunjungi tempat Gym di luar rumah. Kita bisa melakukannya di dalam rumah. Bisa berpedoman dengan video youtube, seperti senam aerobik, zumba, yoga, dan sebagainya. Sehabis olahraga tubuh kita dijamin lebih segar dan fit dan siap untuk beraktivitas kembali.

10. Belajar Hal-Hal Baru

Hal terakhir yang bisa kita lakukan adalah belajar hal-hal baru yang sebelumnya kita tidak tahu. Belajar apapun yang menambah pengetahuan baru buat kamu. Seperti misalnya, belajar investasi. Anak muda sekarang penting banget tuh yang namanya investasi. Investasi ada apa aja tuh, bisa Reksadana, Emas, Saham, dan lain sebagainya. Atau belajar bahasa asing. Belajar cara merawat diri, dan masih banyak lagi lainnya. Kita bisa dapat bahan-bahannya dari blog/pengalaman orang lain, dari video youtube, atau sharing dengan teman kita via telepon. 


Nah itu tadi 10 hal-hal yang bisa kita lakukan ketika liburan #dirumahaja :D Semoga tulisan kali ini bisa menginspirasi kalian semua ya Sobat. Semoga bisa bermanfaat. Dan tentunya semoga wabah Virus Corona segera berakhir dan semuanya diberikan kesehatan dan keselamatan. Aamiinnn...

-Tulisan by Lia Malinda-

Reactions

Posting Komentar

0 Komentar