Akhirnya ke Kawah Putih Ciwidey Bandung

Kawah Putih Ciwidey Bandung - habisliburan.com
Kawah Putih Ciwidey
Image by : habisliburan.com

Cerita liburan kali ini masih seputar daerah Bandung, Jawa Barat. Dari dulu pingin banget ke Kawah Putih Ciwidey dan akhirnya bisa kesampean juga di liburan tahun 2019 ini. Yeayyy!! 

Waktu itu aku nginep di Clove Garden Hotel Bandung jadi cukup jauh buat menuju ke lokasi Kawah Putih ini. Butuh waktu sekitar hampir dua jam via Tol Soreang-Pasir Koja. Jarak yang jauh tak menghalangiku menuju ke lokasi. Tetep semangat 45!! Hehe.

Kita berangkat dari hotel pagi, sekitar Pukul 09.00 WIB. Perjalanan alhamdulillah lancar karena lewat tol, jadi itungannya cepet. Setelah keluar dari tol, kita melewati jalan-jalan tanjakan. Di sepanjang jalan juga banyak terdapat tempat-tempat wisata lain dan juga banyak ditemukan resto untuk keluarga serta penginapan.

Mengandalkan Google Maps, akhirnya kita sampe di tempat retribusi. Biaya mobil dan tiket masuk buat dua orang sebesar Rp 200.000,- Biaya ini dikenakan satu kali ini saja. Nanti di lokasi wisatanya udah nggak dikenakan biaya lagi (kecuali kalau mau beli oleh-oleh atau makanan yaa hihihi). Nah dari retribusi itu aku pikir tinggal bentar lagi sampe kan ya, dan ternyata enggak. Masih jauh lagi perjalannya wkwk. Kita melewati jalan-jalan tanjakan, dan menurutku cukup sempit. Harus hati-hati. Pada waktu itu keadaan jalanan juga cukup berkabut, ditambah lagi mendung. Jadi harus nyalain lampu sorot mobil, karena di depan gak keliatan apa apa :")

Setelah melewati jalan tanjakan, berkelok, dan berkabut cukup lama, akhirnya sampe juga di parkiran. Aku waktu itu dateng weekday tapi tetep aja rame. Banyak banget mobil-mobil dan bis-bis rombongan. Di sana hawanya dingin banget. Rasanya pingin bolak-balik ke toilet mulu sebelum masuk area kawah.

Waktu mau masuk ke arah kawah sudah dikasih pemberitahuan sama penjaga di sana, belerangnya baru tinggi jadi harus pake masker. Kalau enggak soalnya bahaya. Di sana juga disarankan nggak boleh lama-lama. Oke, untung aku udah bawa persediaan masker sebelumnya. 

Menuju ke area kawah harus jalan kaki terlebih dahulu. Di sepanjang jalan bisa ditemukan toko/penjual yang menjual sabun belerang yang juga banyak manfaatnya. Bisa juga dibuat oleh-oleh bagi para pengunjung.

Sampe di area kawah, kita menuruni banyak anak tangga. Kondisi di sana pada waktu itu betul-betul gelap dan berkabut. Nggak keliatan. Ya itu katanya karena belerang baru tinggi. Jadi harus nunggu sampe lebih terangan kalau mau foto-foto. Walaupun kondisi sedang berkabut dan juga gelap dikarenakan kondisi belerang yang cukup tinggi, namun tetap banyak orang yang berfoto-foto, baik selfie maupun foto secara grup. Kalau aku sih fotonya nunggu agak terangan dikit aja hehe. 

Kawah Putih Ciwidey Bandung - habisliburan.com
Udah mulai keliatan kawahnya
Image by : habisliburan.com
Kawah Putih Ciwidey Bandung - habisliburan.com
Kawah Putih Ciwidey
Image by : habisliburan.com

Nah, karena udah cukup terang mulai deh foto-foto hehe. O iya, di sana juga banyak banget fotografer yang siap mengabadikan momen-momenmu. Hasil fotonya oke dan yang jelas mereka tau tempat-tempat atau spot yang bagus untuk background foto disitu. Untuk harga, per satu file foto Rp 15.000,-. Karena si fotografer fotonya bagus-bagus, jadi khilaf deh milih banyak foto wkwk. Yaudahlah mumpung dah sampe di sini wkwk. Nanti sistemnya transfer file ke hp langsung dan ada juga yang bisa langsung cetak di tempat. 

Berpose Dulu di Kawah Putih Ciwidey
Image by : habisliburan.com



Udah puas foto-foto dan menikmati pemandangan, nah kok dada rasanya dah mulai sesek nih. Berhubung jalan menuju pintu ke luar kawah cukup jauh, langsung deh aku memutuskan untuk udahan. Takut-takut nanti tambah parah seseknya huhuhu. Memang dari awal juga udah banyak peringatan kok, kalau sesak, atau mual, dsb harus segera meninggalkan kawasan kawah. Memang reaksi orang-orang terhadap belerang kan beda-beda. 

Udah sampe pintu keluar kawah menuju parkiran, udah enakan lagi. Puas deh ke sini. Tempatnya bagus. Bener-bener destinasi wisata yang wajib kamu kunjungin nih kalau ke Kota Bandung hehe. Bahkan bagus juga lho kalau mau dijadikan buat backgorund foto prewedding :) Udah berasa kayak lagi di luar negeri haha.

Walaupun pas di kawahnya cuma sebentar, tapi aku nggak nyesel kok ke sini. Pokoknya seneng bisa kesampean maen ke sininyaa. Keren abisss!!! One day aku pingin balik ke sini insyaAllah. Semoga besok  kalau balik lagi ke sini, pas belerangnya gak tinggi dan kabutnya nggak tebal yaaa :D Aamiin..
-----------------------------------------------------------------
Tempat Wisata: Kawah Putih Ciwidey
Lokasi : Kecamatan Ciwidey, Kabupaten Bandung, Jawa Barat
Jam Buka/Tutup : 07.00 - 17.00 WIB
Tiket Masuk : Mobil + 2 Orang = Rp 200.000,-
Fasilitas : Area Parkir Luas, Toilet, Musholla, Warung Makan, Pusat Informasi
-----------------------------------------------------------------
-Tulisan dan Foto oleh : Lia Malinda-
Reactions

Posting Komentar

0 Komentar