First Time Nonton Konser Enhypen Sambil Liburan ke Singapura ! (Part 2) : Day 1

Supertrees di Garden by The Bay Singapore - habisliburan.com

Haloo Sobat.. aku lanjutin lagi ya cerita pengalamanku nonton konser ENHYPEN di Singapura awal tahun kemarin hehe

Jadi, setelah di Part 1 nya udah aku ceritain gimana caranya aku bisa dapat tiket nonton konser ENHYPEN di Singapura, lanjut di tulisanku kali ini bakal nyeritain pengalaman persiapan nonton konsernya dan otw ke Singapore di hari H nya yaa.. Langsung aja ya sobat..

Persiapan Sebelum Keberangkatan

Jadi setelah berhasil dapet tiket konser ENHYPEN di Bulan November 2023, kita langsung booking hotel dan juga tiket pesawat PP Jogja-Singapura. Langsung lah kita pakai aplikasi booking online. Waktu itu untuk tiket pesawatnya kita pakai Air As*a, buat berdua PP total habis Rp 3.039.319,- Kita putusin buat berangkat di tanggal 20 Januari 2024, balik 22 Januari 2024, jadi 3 hari 2 malam.

Selesai booking tiket pesawat, lanjut booking tiket hotel. Ini nih yang butuh waktu lama. Selain cari hotel yang masuk sesuai dengan bugdet kita, juga cari hotel yang ada bidetnya wkwk. Soalnya dikit banget hotel di Singapore yang kamar mandinya pakai bidet :") Maklum udah kebiasannya begitu hihihi, kurang mantep soalnya kalau nggak disemprot pakai bidet. Ada beberapa rekomendasi hotel dekat dengan tempat veneu (Singapore Indoor Stadium), tapi harganya nggak sesuai budget wkwk. Sebelumnya, suami pengalaman nonton Liverpool di National Stadium di Singapore yang masih satu area sama venue kita besok, dia nginepnya di Hotel Ibis Bugdet Singapore Emerald. Review dari beliau sih hotelnya recommended, ada bidet juga di kamar mandi, dan bisa jalan kaki aja ke stadiumnya. Tapi ya itu, waktu itu over budget wkwk kalau kita nginep di situ, jadilah kita cari pilihan hotel lain wkwk.

Setelah cukup lama survey hotel, akhirnya kita menemukan salah satu hotel yang tema kamarnya kayak japan-japan gitu dan sesuai dengan budget wkwk. Nama hotelnya adalah "Hotel 81 Sakura". Lokasi hotel ini sebenernya cukup jauh dari veneu konser, tapi kita pilih hotel ini karena deket banget sama shuttle bus dan beberapa resto atau tempat makan. Sayangnya, nggak ada bidet di kamar mandinya, tapi ada fasilitas bathtup. Nah, permasalahan bidet ini aku akali dengan bawa botol minum yang bentuknya kayak bidet atau bisa dijadikan pengganti bidet hehe. Waktu itu aku booking hotel ini untuk 3 hari 2 malam dengan total biaya sebesar Rp 2.550.875,- Udah lumayan paling murah untuk ukuran hotel Singapura yang bukan capsule dan ada kamar mandi dalam kamarnya.

Lanjut.. sudah mendekati hari H di bulan Januari 2024, mulai deh melakukan beragam persiapan. Mulai dari packing baju, terutama outfit untuk konser, tukerin uang tunai, beli paketan internet im3 roaming Singapore (karena kita pake im3), beli kartu EZ-Link Singapore buat naik bus dan MRT di sana (belinya di aplikasi Tr*veloka). Untuk persiapan lainnya udah pernah aku ulas di tulisanku 2D1N "Dadakan ke Singapore" ya Sobat, bisa kalian baca juga di situ. Oiya, yang beda dari tripku ke Singapore kali ini adalah sebelum aku berangkat kita isi dulu beberapa data di aplikasi imigrasi online nya Singapore lewat aplikasi MyICA Mobile. Kalau dulu masih ribet harus isi secara manual kartu imigrasi yang dibagikan saat di pesawat, sekarang semuanya sudah lebih mudah dan terintegrasi secara online. Lanjut.. tak lupa juga aku print tiket konser Enhypen di kertas A4 untuk jaga-jaga aja semisal nggak bisa scan pakai hp.

Hari Keberangkatan (JOG - SIN)

Tepat tanggal 20 Januari 2024, pagi-pagi banget kita udah otw ke Bandara Yogyakarta International Airport (YIA). Lanjut proses check-in pesawat, dll, dan akhirnya stand by lah kita duduk di dalam pesawat. Lama perjalanan yang kita tempuh kurang lebih 2 jam 5 menit dari Jogja ke Singapura.

Akhirnya..sampailah kita di Changi Airport sekitar pukul 10.45 waktu Singapura. Wahh welcome Singapore! nggak sabar buat berjelajah di negeri ini, nggak sabar juga bakal ketemu ENHYPEN!

Sampai di Changi Airport, langsung lah kita makan siang dulu di food court langganan kita kalau ke terminal 4 Changi Airport. Beli chicken rice yang udah pasti halal dan pasti enak hehe. Tapi sebelumnya, kita juga udah ke counter di bandara buat nukerin kartu EZ Link yang telah kita beli sebelumnya.

Setelah perut kenyang, lanjut mau main dulu ke Jewel Changi Airport. Sama sekali belum pernah nih aku mampir ke sini, kalau suamiku sih udah pernah sebelumnya, jadi udah nggak bingung buat kesananya. Dari Terminal 4 (T4) ini kita tinggal nunggu shuttle bus buat ke Jewel. Shuttle busnya sudah ada info jam-jamnya, dan dipastikan selalu on time. Selain itu juga pengunjung tidak perlu menunggu terlalu lama karena setiap berapa menit pasti akan ada bus yang lewat dengan rute ke Jewel.

Jewel Changi Airport - habisliburan.com

Sudah sampai di Jewel langsung lah kita foto-foto dan jalan-jalan. Mampir juga ke bagian, kayak rooftop nya gitu yang banyak banget ada stand-stand makanan di sana.

Kejadian 'Bodoh' otw ke Hotel

Lelah berjalan-jalan, kita putuskan buat menuju ke hotel dengan menaiki MRT. Dari Jewel kita harus balik lagi ke T4. Lalu dari T4 naik shuttle bus lagi untuk menuju ke T2. Nah dari T2 ini nanti kita bisa naik MRT. Untuk perpindahan antar terminal menggunakan bus yang tersedia dari bandara itu free ya sobat.. baru lanjut naik MRT nya mulai bayar pakai kartu EZ Link tadi. Sewaktu di stasiun MRT, tak lupa juga kita juga top up saldo EZ Link melalui mesin dengan menggunakan uang tunai. Kalau nggak salah seingetku minimal top up 10 sgd kalau nggak salah inget ya sobat hehe.

Lanjut, kita mulai menaiki MRT di sana. Senengnya di sana tuh orang-orang pada tertib alias nggak rebutan. Kereta datang, dipastikan yang mau turun dulu yang didahulukan, setelah itu baru penumpang yang akan menaiki kereta MRT. Di sana kita juga berpedoman dengan aplikasi "Citymapper". Gampang pakai aplikasi itu, tinggal masukin asal dan tujuan kita mau ke mana. Habis itu bakal langsung dikasih rekomendasi jalur ke sananya, bisa kombinasi antara naik MRT, bis, dan juga jalan kaki. Nah, kita manfaatin banget tuh aplikasi hehe. Tapi selanjutnya kita juga kadang manfaatin Google Maps wkwk. Dari situ juga bisa kok, gambarin jalur-jalurnya.

Naik MRT di Singapura - habisliburan.com

Nah, ini nih kebodohanku yang pertama ya sobat.. biasa kan aku ini tukang ngeyel wkwk. Udah diajakin suamiku naik bus, tapi aku nggak mau. Mau jalan aja, soalnya kalau diliat dari maps kok kayak deket wkwk. Mindset ku tentang bus tu ya sama kayak di Indo wkwk, jadi mending jalan aja lah. Alhasil glodokan lah kita seret-seret koper. Untung jalan kaki di Singapore itu nyaman. Penyeberangannya juga nyaman tinggal pencet, kendaraan berhenti. Yang bikin nggak nyaman adalah waktu itu hujan gerimis hiks. Jadi jalan-jalan juga basah, udah berasa kayak tikus kecemplung got bentukan kita waktu itu wkwkwk. Sepatu buat nonton konser juga udah kotor karena kecripatan air hujan+ tanah. Sedih banget :"))

Ternyata capek banget jalan kaki jauh hiks. Kayakya di maps deket, ternyata tidak sedekat itu pemirsa :") sehari pokoknya bisa 10.000an ribu langkah lebih waktu itu, sehat sih cuma ya karena nggak terbiasa aja. Udah lepek banget. Di jalan sampai ditanyain orang mau ke mana, kita jelasin, akhirnya dikasih arahan, kita ikutin deh. Udah mendekati hotel, ternyata oh ternyata ada shelter/ halte bus yang deket banget sama hotel kan. Duh nyesel banget aku ngeyel sama suami :") tau gitu tadi mau ya naik bus. Next nya aku naik bus terus kok kalau mau kemana-mana wkwkwk. Naik bus yang ternyata seenak dan senyaman itu kalau di Singapore, malah jadi ketagihan naik transportasi publiknya sini :D tau gitu dari awal yaaakk wkwk.

Sampai hotel, lanjut check-in, masuk ke kamar dan istirahat sebentar. Rencana selanjutnya sorean kita mau coba ngunjungin venue konser biar besoknya kita udah paham. Hari ini kan tepat hari pertama konser, nah karena aku dapat yang hari kedua jadi bisa kepo-kepo dulu lah wkwk. Biar bisa tau juga naik apa aja kalau ke sana. Mulai lah kita siap-siap, mandi-mandi, dll. Oiya penampakan kamar hotel dan juga kamar mandinya aku tampilin disini ya sobat..

Tempat Tidur Hotel Selama di Singapore - habisliburan.com

Penampakan Fasilitas Kamar Hotel Selama di Singapore - habisliburan.com

Kamar Mandi Hotel Selama di Singapore - habisliburan.com

Cek Venue Dulu Buat Besok

Udah sorean dan udah ready langsung lah kita otw menuju ke shelter bus terdekat dengan jalan kaki. Di sana aku ketemu sama Engene-Engene lainnya yang sudah bersiap juga buat nonton konser. Bener2 cantik cantik dan totalitas semuanya. Seneng deh liatnya. Kita langsung nebak mereka mau nonton konser ya karena tampilan dan dandannya hihihi. Jadilah kita putusin buat ngikutin mereka buat otw ke Stadiumnya wkwk. Ternyata udah enak banget akses buat ke stadium, cuma tinggal naik bus 2x, trus disambung naik MRT yang bisa turun langsung di stadium. Wah bahagianya wkwk.

Sampai stadium udah ramai pol. Banyak fans-fans Enhypen yang udah ready buat nonton konser dengan beragam outfit dan berbagai merchandise. Seru banget liatnya :D Nah kita jalan-jalan liat-liat, sekalian tanya pintu masuk buat seat kita tu dimana, langsung lah kita diarahin sama petugas. Biar besok nggak bingung lagi hehe. Duh udah nggak sabar rasanya.

Penampakan Antrean Konser Enhypen in Singapore Day 1 - habisliburan.com

Puas keliling-keliling melihat situasi, oiya pas konser Day 1 itu pas banget ujan gerimis hiks. Berharapnya besok konser Day 2 nya terang dan cuaca mendukung Aamiinn. Habis itu lanjutlah kita masuk ke Kallang Wave Mall tepat di seberang Singapore Indoor Stadium. Jalan-jalan cari makan. Akhirnya pilihan kita jatuh ke Popeyes. Baru pertama makan di Popeyes dan seenak itu ternyata, mana harganya juga masih masuk di kantong wkwk. Happy lah.

Makanan Kita di Singapore "Popeyes Kallang Wave" - habisliburan.com

Kelar makan, kenyang, kita putuskan lagi buat jalan-jalan keliling stadium dan mampir juga ke National Stadium Singapore, tempat di mana sering diadain acara konser berskala besar. Tempat kemaren Liverpool main juga sewaktu suamiku nonton ke sini.

National Stadium Singapore - habisliburan.com

Mampir Garden by The Bay di Malam Hari dan "Kebodohan Kedua"

Dari stadium, bingung lah kita mau ke mana. Alhasil pilihan kita jatuh ke Garden by The Bay. Sebelumnya udah pernah mampir ke sini tapi sewaktu siang hari. Katanya kan ada atraksi "Supertrees" yang keren banget di malam hari untuk jam-jam tertentu, yakni pukul 19.45 dan 20.45 waktu Singapura. Waktu itu kita otwnya udah mepet banget pas naik MRT. Nggak tau deh masih nyandak apa engga. E ternyata masih rejeki, kita masih dapet liat atraksinya walaupun butuh perjuangan :") Yakni jalannya jauh bangettt dari MRTnya. Karena kita putusin buat jalan kaki, nggak naik lift. Habis itu ternyata ruamee pollll. Pas udah sampe ke Supertrees nya bahagia sih tapi :D Bagus banget, mana ada musik-musiknya dan nyala-nyala lampunya, keren deh pokoknya :D

Jalan Menuju Garden by The Bay - habisliburan.com

Supertrees di Garden by The Bay Singapore - habisliburan.com

Penampakan Marina Bay Sands Singapore di Malam Hari - habisliburan.com

Kelar dari Garden by The Bay, otw balik lah kita. Nah ini nih 'kebodohan kedua' di hari ini wkwk. Yang tentunya nggak bakal bisa aku lupain sepanjang sejarah hidupku karena mualuuu buangettt :")

Jadi kan kita balik naik MRT. Trus aku kan berpanduan sama suamiku ya buat cek-cek kita turun mana mana aja. Nah, waktu itu kata suamiku turun buat ganti kereta. Turun lah kita, trus nunggu kan. Nggak lama ada kereta datang. Beliau bingung, ini bukan ya. Ini deh kayaknya. Gitu kan katanya. Naik kan kita. Trus tiba-tiba sepersekian detik, posisi dah di dalam lho ini tapi memang kereta belum berangkat. Beliau bilang lagi, eh ini bukan ya? apa bukan? trus dia ngajakin turun. Ngikut lah aku turun kan. Eh dia cek aplikasi bilang lagi. Eh bener ding!!! sambil lari masuk kereta. Lah aku masih bingung tapi ikutan lari. Nah, pas dia masuk selamat lah aman, pas aku tu pas banget pintu kereta dah mau nutup dan kereta dah mau berangkat. Pas aku masuk pas bareng sama pintu kereta nutup jadi aku kegenjet kenceng banget. Sakitnya naudzubillah. Tambah para penumpang lain juga pada ngeliatin aku. Malunyaaa jangan ditanya lagi :") Pas kegencet aku berusaha masukin badanku ke dalam dengan sekuat tenaga. Alhamdulillah akhirnya berhasil nyemplung ke dalem. Tapi ya itu malu sama sakit hiks. Sebel banget pokoknya aku waktu itu :"((( Badanku langsung lecet-lecet sama dadanya kayak sesek gitu. Waktu itu, sampai hotel udah malem banget, langsung aku cek dan aku minyak-minyakin semua badanku. Duh mau nonton konser besok malah kek gini sih. Semoga besok badanku aman deh yaa...Bener-bener ye emang nih suami :"

Tapi sekarang kalau aku inget-inget jadi malah lucu dan kocak wkwkwk kok bisa itu lhooo... Malah jadi kenangan yang berkesan dan tak terlupakan ketika liburan ke Singapore hehe..

Penampakan Hotel 81 Sakura Singapore di Malam Hari - habislburan.com

Lanjut ke Part 3 ya sobat....

Untuk video tentang keseharian kita di Singapore hari pertama ini udah aku share di TikTok Habisliburan yaa. Bisa di klik di sini --> Jewel Changi Airport , A Day in Singapore