Tips : Staycation Hotel di Era Pandemi Covid 19 ala Habisliburan.com


habisliburan.com

Halo Sobat Habisliburan, udah lama nih nggak bagi-bagi tips liburan ala Habisliburan.com. Kali ini, aku ingin berbagi tips Staycation Aman di Hotel di Era Pandemi Covid 19 ala Habisliburan.com

Buat kalian yang selama ini mungkin ngerasain bosen di rumah aja, butuh suasana baru buat re-charge lagi semangat kalian, liburan staycation di hotel bisa dijadikan salah satu alternatif pilihannya. Liburan staycation di hotel atau jenis penginapan lainnya, memiliki keunggulan tersendiri. Yang pertama, kita tidak perlu pergi ke banyak tempat, karena kita bisa seharian penuh stay di hotel dengan menfaatkan segala fasilitas yang ada di hotel. Yang kedua, dengan liburan staycation di hotel kita bisa meminimalisir kerumunan saat kita berlibur. Meskipun liburan kita hanya stay di hotel saja, kita tetap tidak boleh abai. Di masa pandemi ini kita tetap harus memprioritaskan kesehatan, di samping kenyamanan dan keamanan saat kita berada di area hotel. 

Nah, berikut ini nih tips-tipsnya :

1. Pilih hotel dalam satu kota dengan kota tempat kita tinggal

Ini merupakan salah satu hal yang paling utama. Untuk meminimalisir penularan virus Covid 19, sebisa mungkin kita menghindari berpergian ke luar kota, kecuali karena urusan yang mendesak. Sedangkan untuk urusan berlibur, lebih baik kita memilih hotel yang masih dalam satu kota.  

2. Pilih hotel sesuai dengan budget dan yang memiliki suasana serta fasilitas yang kita inginkan dan butuhkan

Tips selanjutnya, pilih hotel yang sesuai dengan budget yang kita punya. Pilih tipe hotel yang sesuai dengan apa yang kita inginkan atau kita butuhkan. Misal, kalian menyukai nuansa alam, pilih hotel yang bernuansa alam. Jangan lupa cek fasilitas yang diberikan, seperti fasilitas sarapan, spa, atau fasilitas kegiatan yang bisa dilakukan di pagi harinya. Semakin komplit fasilitas yang diberikan, semakin baik karena kita akan menghabiskan banyak waktu di sana. Luangkan waktu juga untuk membaca review dari orang-orang yang sebelumnya pernah menginap di sana. 

3. Pilih hotel yang memenuhi standar protokol kesehatan

Hal ini juga sangatlah penting untuk dilakukan, mengingat bahwa kesehatan tetaplah nomor satu. Cari tahu apakah hotel yang akan kita pilih tersebut sudah menerapkan standar protokol kesehatan Covid 19 ataukah belum. Seperti pengecekan suhu badan untuk tamu hotel yang baru saja datang, wajib menggunakan masker untuk semua tamu dan karyawan hotel, atau kalian cek apakah sudah memiliki sertifikasi CHSE (Cleanliness, Health, Safety, and Environmental Sustainability) dari Kemenparekraf ataukah belum. Untuk mudahnya, kalian bisa cek hotel di via aplikasi booking online

4. Bawa baju cadangan

Persiapan barang yang harus dibawa untuk keperluan staycation tentunya barang-barang pribadi yang kita pakai sehari-hari, seperti skincare, baju, kosmetik, gadget, buku (bagi yang suka baca buku), dsb. Namun, untuk urusan baju lebih baik kita membawa beberapa tambahan baju cadangan, karena jangan sampai baju yang sudah kalian pakai di luar, kalian pakai lagi untuk di dalam kamar, mengingat kita harus tetap bersih dan menjaga kesehatan badan.  

5. Bawa barang standar protokol kesehatan

Selain membawa perlengkapan pribadi, barang lainnya yang wajib kita bawa saat kita berlibur staycation di hotel, yakni barang-barang standar protokol kesehatan, seperti masker beserta cadangannya, hand sanitiser, tisu kering, tisu basah, dsb.  

6. Bawa makanan/ camilan snack secukupnya untuk menemani hari-hari di kamar hotel

Karena kita akan stay di hotel, jadi tidak ada salahnya kita membawa beberapa aneka camilan dan minuman untuk menemani kita selama berada di kamar hotel. Selain itu, membawa makanan untuk menu makan malam juga sangat disarankan, agar kita tidak perlu lagi keluar hotel untuk membeli makan malam. Atau cara lainnya, bisa juga dengan membeli makanan yang disediakan oleh pihak restaurant hotel. 

7. Hindari kerumunan saat berada di publik area hotel, jaga jarak, dan wajib kenakan masker setiap keluar kamar hotel

Tips kali ini juga tidak kalah pentingnya, kalian wajib menghindari kerumunan dan jaga jarak saat berada di publik area hotel, seperti area kolam renang, restaurant, dsb. Pergilah saat dalam kondisi sepi. Dan jangan lupa tetap kenakan masker setiap kalian keluar dari kamar hotel. Kalau perlu, selalu bawa hand sanitiser kemanapun kalian pergi, mengingat kalian tetap wajib menjalankan protokol kesehatan di lingkungan area hotel. Sebagai pilihan lainnya, misal, untuk sarapan pagi, kalian bisa minta tolong kepada petugas hotel untuk mengantarkan sarapan langsung ke kamar kalian demi menghindari kerumunan di area restaurant. 

8. Manfaatkan fasilitas kegiatan hotel untuk mengisi waktu selama staycation di hotel

Staycation di hotel artinya kita akan stay sambil menikmati apapun fasilitas yang ada di hotel. Kita bisa dengan leluasa memanfaatkan segala macam fasilitas hotel, seperti bersepeda, spa, fitness, kolam renang, tenis meja, dsb. Isi pengalaman staycation kalian dengan hal-hal baru dan seru, seperti berolahraga di pagi hari, keliling-keliling area hotel, menikmati keindahan alam, menikmati menu sarapan hotel, dsb. Namun, tetap jaga jarak, pake masker, dan hindari kerumunan ya.

Ya, itu tadi tips-tips Staycation Aman di Hotel di Era Pandemi Covid 19 ala Habisliburan.com. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan bisa dijadikan referensi liburan buat kalian ya sobat :D 

Sampai jumpa lagi di tips-tips liburan selanjutnya ya..

-Tulisan dan Foto Oleh Lia Malinda-

Reactions

Posting Komentar

0 Komentar