Balik lagi ke Candi Borobudur Magelang


Candi Borobudur Magelang - habisliburan.com
Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah
Image by : habisliburan.com

Siapa nih yang nggak tahu Candi Borobudur? Pasti sebagian besar dari kalian tahu kan dengan tempat wisata berbentuk Candi ini.

Nggak tahu kenapa kemarin itu tetiba pingin banget buat balik lagi ke Candi Borobudur. Dulu sih terakhir aku ke sini jaman masih SMA, mungkin sekitar tahun 2009. Dan pas aku balik lagi ke sini kemarin, Wow! It's Amazing! Udah banyak banget perubahannya. Secara udah 10 tahun berlalu.

Aku berangkat dari rumah Pukul 10.00 WIB. Waktu itu hari Minggu. Sebenernya, dah yakin sih aku mesti bakal rame disana. Secara weekend. But it's okay, bismillah aja pokoknya.

Selama perjalanan menuju Magelang, pas banget langitnya mendung, jadi hawanya enak banget. Tapi tetep berharap supaya gak hujan. Kalau hujan, waah bisa gagal nih liburanku kali ini. Alhamdulillah sampai di lokasi tepat Pukul 12.00 WIB dan nggak hujan ataupun panas. Mungkin emang rejekiku ke sini hehe.

Jadi emang aku saranin nih yaa kalo mau main ke Candi Borobudur mending pagi sekalian, atau kalo nggak malah sore sekalian. Kalau siang bakal dijamin panas dan bikin kita lebih gampang capek. Tapi itu tadi, untungnya pas aku ke sana cuaca pas mendukung, mendung-mendung syahdu gimana gitu, jadi tetep enak hawanya meski aku datengnya siang-siang. 

Waktu sampe lokasi cari lokasi parkir mesti susah dong, jelas udah penuh semua. Sempet bingung juga mau parkir dimana. Trus ada bapak-bapak nih nawarin buat bantu cariin parkir di dalam dengan bayaran Rp 20.000,- Oke deh tawaran itu kita ambil. Alhamdulillah kita bisa langsung dapet parkiran di sana. Tapi tetep butuh jalan kaki yang lumayan sih buat sampe ke pintu gerbang candinya. Gapapa lah itung-itung olahraga, ya kan?  

Di sepanjang perjalanan menuju loket pembelian tiket, banyak sekali pedagang yang menawarkan berbagai macam barang-barang, seperti sewa payung, topi, stroler bayi, kaca mata, makanan, minuman, dan sebagainya. Tapi karena cuaca nggak panas-panas amat kita nggak beli dan sewa apapun. Bismillah semoga lancar, gitu aja.

Setelah berjalan kaki cukup lama, akhirnya kita sampai deh ke tempat loket pembelian tiket. Aku lupa dulu berapa bayarnya per orang, tapi kalau sekarang per orangnya dikenakan biaya Rp 50.000,-. Worth it lah buat lihat candi sebesar dan semegah itu.

O iya, tempat pembelian tiket untuk pengunjung domestik dan internasional berbeda lho. Kalau loket yang domestik dari pintu masuk di sebelah kanan. Sedangkan untuk turis internasional di sebelah kiri. Tentu untuk harga kedua tiket tersebut juga berbeda yah. 

Jalan menuju lokasi pembelian tiket Candi Borobudur - habisliburan.com
Jalan menuju lokasi pembelian tiket Candi Borobudur
Image by : habisliburan.com

Setelah kita membeli tiket, langsung kita menuju ke arah candi. Sebelumnya, untuk masuk ke dalam, kita harus melewati alat scanner dulu untuk pengecekan. Setelah dinyatakan aman, selanjutnya scan barcode dari tiket yang telah kita beli tadi. Nah ini nih yang beda, dulu aku terakhir ke sini belum ada nih yang beginian. Sekarang udah oke punya. Terus ada perbaikan dan perbaikan. Jadi lebih gampang, simpel, dan tentunya lebih aman. 


Tiket Masuk Borobudur - habisliburan.com
Tiket Masuk Borobudur
Image by : habisliburan.com

Pintu Masuk Candi Borobudur - habisliburan.com
Scan Barcode dulu sebelum masuk
Image by : habisliburan.com

Setelah scan barcode, lanjut masuk deh ke area halaman candi. Eits.. tapi jangan harap langsung ketemu candinya ya hihihi. Harus keliling dulu nih jalan kaki sekitar kurang lebih 1 kilometer sambil menikmati pemandangan sekitar. Di sekeliling halaman Candi Borobudur ini bersih dan rapi. Banyak tanaman-tanaman hijau yang menyejukkan. O iya, kalau masih ada yang bingung atau butuh informasi apapun tentang objek wisata ini, bisa langsung berkunjung ke Pusat Informasi yang ada di sini. Kita bisa langsung tanya-tanya tentang apapun terkait dengan Candi Borobudur. Pokoknya di sini fasilitasnya lengkap dan oke punya :D

Borobudur - habisliburan.com
Borobudur
Image by : habisliburan.com

Pusat Informasi Candi Borobudur - habisliburan.com
Pusat Informasi Candi Borobudur
 Image by : habisliburan.com


Larangan di Candi Borobudur - habisliburan.com
Perhatikan larangan-larangannya ya. Jangan Sampai kita langgar
Image by : habisliburan.com

Setelah berjalan cukup jauh, akhirnya ketemulah kita sama candinya. Wah rasanya kagum banget lihatnya!! :D  Walaupun dah pernah ke sini tapi tetep Amazing! Bener-bener keren. Apresiasi banget buat orang-orang jaman dulu yang bisa bikin candi sebesar dan semegah ini. Luar biasaaaaaa! :D Ini nih penampakan candinya yang keren abis.


Candi Borobudur - habisliburan.com
Candi Borobudur
Image by : habisliburan.com


Candi Borobudur - habisliburan.com
Candi Borobudur
Image by : habisliburan.com

Candi Borobudur - habisliburan.com
Candi Borobudur
Image by : habisliburan.com

Candi Borobudur - habisliburan.com
Candi Borobudur
Image by : habisliburan.com

Sketsa Candi Borobudur - habisliburan.com
Sketsa Candi Borobudur
Image by : habisliburan.com

Candi Borobudur - habisliburan.com
Candi Borobudur
Image by : habisliburan.com

Candi Borobudur - habisliburan.com
Candi Borobudur
Image by : habisliburan.com

Gimana? Luar biasa bukan? aku aja masih terkagum-kagum dibuatnya. Untuk bisa naik menuju stupa paling atas kita harus menaiki banyak anak tangga. Tapi karena aku saking bersemangatnya nggak kerasa capek sama sekali. Mungkin juga karena cuaca pas mendukung ya. Jadi hawanya enak aja gitu. Nah kalau ini penampakan dari atasnya ini nih. Nggak kalah Amazing! :D

Pemandangan Sekitar Candi Borobudur - habisliburan.com
Penampakan dari atas candi
Image by : habisliburan.com

Stupa Candi - habisliburan.com
Stupa Candi
Image by : habisliburan.com


Patung di Stupa Candi Borobudur - habisliburan.com
Patung di Stupa Candi Borobudur
Image by : habisliburan.com

Wah keren kan? Oke, setelah puas menikmati pemandangan candi yang keren abis kita putuskan buat balik. O iya, jalan pulangnya itu beda ya sama tadi tangga naik masuk, mungkin dibuat begitu biar gak saling tumpuk-tumpuk dan desak-desakan pengunjungnya.

Di perjalanan pulang keluar candi kita disuguhkan berbagai tawaran kendaraan buat yang capek jalan kaki. Ada Andong dan juga Kereta. Tapi kita putuskan buat jalan kaki aja sambil liat-liat sekeliling.

Selain wisata liat candi yang semegah itu, disini kita juga bisa kasih makan binatang-binatang lho, ada gajah, rusa, dan masih banyak lagi lainnya. Kita juga bisa berkunjung ke museumnya juga. Bisa juga mencicipi kuliner yang ada disana karena banyak resto yang tersedia. Pokoknya lengkap deh :D

Memberi makan binatang di Candi Borobudur - habisliburan.com
Kasih makan Gajah di Objek Wisata Candi Borobudur
Image by : habisliburan.com

Sewaktu perjalanan pulang keluar candi kita bakal dilewatkan dengan ratusan kios-kios pedagang yang menjual berbagai macam oleh-oleh dari gantungan kunci, baju, celana, batik, salak, makanan khas magelang, tas, dan masih banyak lagi lainnya. Harganya juga murah-murah. Cocok buat kamu yang cari oleh-oleh bisa dibeli saat perjalanan pulang menuju area parkiran. 

Udah kenyang jalan-jalannya, langsung cus pulang deh balik Jogja, FYI biaya parkir di sana, untuk mobil di hari Minggu aku dikenakan biaya sebesar Rp 15.000,- Lumayan mahal sih hehe. Tapi kan emang pas weekend juga. Nah, Sebelum pulang kita mampir dulu nih ke Saung Makan Bu Empat. Lokasinya nggak jauh dari Candi Borobudur kok. Di tempat makan ini menunya ada beragam, dari ikan, udang, ayam, dsb. Rasanya juga cukup enak. Bisa jadi salah satu rekomendasi buat makan bareng keluarga. Boleh lho kalau kalian ke Candi Borobudur, mampir makan di sini :)
------------------------------------------------------------------------------
Tempat Wisata : Candi Borobudur
Lokasi : Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Indonesia
Harga Tiket : Rp 50,000,-/Orang
Fasilitas : Restaurant, Kereta/Andhong, Kios Oleh-Oleh, Beri Makan Binatang, Museum, Parkiran Luas
Jam Buka/Tutup : 06.00 - 17.00 WIB
------------------------------------------------------------------------------

-Tulisan dan Foto oleh : Lia Malinda-
Reactions

Posting Komentar

0 Komentar