2 Days 1 Night 'Dadakan ke Singapore' Part 1 (Tips sebelum berlibur ke Singapura)


Merlion Park Singapore - habisliburan.com
Merlion Park Singapore
Image by : habisliburan.com

Halooo semua, kalian masih inget nggak sama postingan aku bikin paspor? Nah, di postingan itu aku cerita kalau bikin paspor itu penting walaupun belum ada rencana mau ke luar negeri sama sekali. Selain masa berlaku paspor yang cukup lama, yakni 5 tahun, bikin paspor bisa jadi doa supaya one day kita dikasih rejeki buat ke luar negeri. Daaaannn.... tak disangka-sangka jadi kenyataan donggg. Aku belum kebayang bakal ngerasain ke luar negeri secepet ini. Walaupun temen-temenku udah banyak banget yang pernah ngerasain ke luar negeri apalagi ke Singapura. Udah kayak jadi barang biasa lah buat mereka. Tapi kalau buatku masih barang mewah wkwk. Alhamdulillah banget pokoknyaaa.

Aku bakal ceritain gimana sih kok aku jadi bisa ke Singapura, bahkan bisa dibilang dadakan. Yupss jadi gini guys, ceritanya berawal dari suami dapet tugas ke Singapura untuk menghadiri salah satu tech event di sana. Pertama dapet kabar itu deg-degan banget gegara suami belum ada paspor dong. Tapi aku udah punya malah wkwk. Langsung deh ngebut bikin paspor, alhamdulillah dilancarkan, sama kayak aku dapet antrian yang di Kantor Imigrasi Bantul. Karena aku udah pengalaman bikin paspor, jadi lebih gampang buat ngurus paspornya suamiku ini.

Nah, ceritanya dia berangkat sendiri, bener-bener sendiri. Padahal dia belum pernah sama sekali pergi ke luar negeri, apalagi sendiri pula. One day dia minta aku juga ikut ke sana. Aku berkali-kali nolak.

"Ah ngapain ikut, ntar di sana aku gabut lagi, mana kalau maen-maen sendiri takut nyasar wkwk", pikirku. Lagian juga cuma nginep sehari di sana.

Pertamanya sih aku nggak tertarik sama sekali, bener-bener kayak udah kamu sendiri aja bismillah, aku doain dari sini.

Nah, udah mantep kayak gitu awalnya. Aku sampai bantu searching-searching pengalaman-pengalaman orang yang solo travelling ke Singapura, kayak barang apa aja yang wajib dibawa, trus di sana kebiasaannya ngapain, nggak boleh ngapain aja. Ampe dah 'khatam' rasanya. Udah dapet ilmu itu aku langsung share ke suamiku. Aku juga mulai nyiapin barang-barang apa aja yang bakal dibutuhin kalau pergi ke sana.

Tibalah H-1 nih, tetiba aja kok aku kepikiran suamiku ya. Ada perasaan nggak enak banget, kayak nggak tega kalau dia ke sana sendirian, trus gimana dia di sana. Ntar kalau kenapa-napa gimana. Duh, kok malah jadi kayak gini yaa. Akhirnya aku coba buat minta pendapat suamiku. Dia bilang dia bakal lebih tenang juga kalau aku ikut. Setelah kutimbang-timbang, akhirnya kuputuskan buat join hahaha

Langsung tuh, H-1 itu aku booking tiket PP di aplikasi Air As*a, alhamdulillahnya masih bisa dapet 1 pesawat sama suamiku. Selanjutnya langsung mikirin buat beli SIM Card Singapura. Karena dari beberapa referensi yang aku baca, banyak yang nyoba pakai SIM Card yang biasa dia pakai di Indonesia dan udah di daftarin paket luar negerinya tapi di sana nggak mesti bagus terus sinyalnya, kadang-kadang juga lemot atau bahkan ilang sinyalnya. Jadi kita putuskan buat beli SIM Card M1 nya Singapura via Trave*oka. Kita dapet harga 121.502 ribu. Langsung kita bayar, dan bisa kita tukerin besok di Changi Airport Singapura.

Karena di Singapura seringnya cashless apa apa banyakan pakai kartu, nah berhubung kita nggak punya kartu kredit (dan emang nggak pingin punya dulu), kita dapet info kalau debit BCA bisa dibuat juga untuk transaksi di luar negeri dengan menggunakan kartu berlogo Mastercard. Habis tau info itu, langsung deh kita bikin tabungan BCA dengan kartu Mastercard itu, kita pilih yang gold dengan biaya administrasi per bulannya 17.000 rupiah. Belum tenang kalau cuma bawa satu kartu, kartu Mandiri yang kita punya juga kita upgarde Visa. Buat jaga-jaga aja kalau misal kartu satunya nggak bisa kepakai.

Masalah kartu udah tenang nih. Lanjut ke uang cash nya. Butuh jaga-jaga juga kalau misal kita beli kayak di food court gitu yang nggak bisa nerima kartu. Jaga-jaga juga buat naik Grab di sana, kalau misal kartu kita nggak bisa kepake. Kita emang udah rencana mau naik Grab di sana mengingat waktu kita terbatas. Sebenernya pingin sih ngerasain naik kendaraan umumnya sana, kayak MRT atau bus, tapi untuk liburan kali ini lebih prefer naik Grab/Gojek dulu deh. Untuk uang cash nya, waktu itu kita tukerin sedikit aja sih cuma 100 Dollar Singapura, atau setara 1.042.500 rupiah pas aku nukerin. Kita tukerin pecahan 2, 5, dan 10 Dollar Singapura.

Uang cash dah clear nih, lanjut buat mikirin di sana tu kita bakal butuh apa aja. Emang bener kalau mau berpergian apalagi ke luar negeri emang kudu banyak-banyak cari referensi. Jangan sampai di sana kita malah kebingungan. Yang pertama, menurut sumber yang aku baca, kita harus sedia pulpen. Fungsinya buat apa? Buat isi kertas imigrasi yang dibagikan saat kita di pesawat. Semua itu biar proses berjalan lebih cepat dan efektif aja kalau kita udah isi kertas imigrasi itu di pesawat. Yang kedua, bawa colokan kaki tiga karena di Singapura hampir semua colokannya bentuk kaki tiga, beda dengan di Indonesia. Dan bener kok kenyataannya. Untung sebelumnya udah persiapan beli dulu di Indonesia, jadi sampai sana nggak kebingungan kalau mau ngecas hp.

Lanjut, jangan lupa bawa botol minum kosong. Kenapa kosong? Soalnya kalau di bandara kita nggak boleh bawa cairan lebih dari 100 ml. Dan tenang aja, di Singapura banyak disediakan air minum kran gratis, yang bebas kita ambil dan minum sepuasnya. Biasanya sih ada di taman-taman, bandara, atau tempat wisata. Pengalaman aku juga minum dari air itu, jadi bener-bener 'ngirit' nggak usah beli minum lagi di sana. Selanjutnya yang nggak kalah penting adalah membawa tisu basah. Nah ini, orang Indonesia kan kalau ke kamar mandi kebiasaan ada air, kalau di sana beda, bakal jarang nemu toilet yang pakai air, mereka biasa pake tisu. Pengalamanku sih waktu di bandara, ya kayak gitu. Air cuma untuk flush aja itu juga otomatis, jadi tisu basah penting banget deh pokoknya, risih juga soalnya kalau pakai tisu kering doang (dasar aku 'ndeso' sih emang wkwk). Nah kalau untuk persiapan lainnya sih sesuai dengan kebutuhan pribadi aja, kayak baju, power bank, payung (maybe kalau di sana pas ujan/panas banget) karena emang di sana kalau siang panas banget.

Udah clear semua persiapan, lanjut mikirin masa' kita di sana cuma stay di hostel aja (hostel udah di pesankan dari kantor suami via Trave*oka juga). Nah, berhubung acara suami baru dimulai jam 5 sore,  dan flight sampe Changi itu jam setengah 11an siang, jadi kita sebisa mungkin memanfaatkan waktu diantara jam-jam itu. Kita putuskan buat main ke Merlion Park dan Garden by the bay. Ikonnya Singapura banget lah ini wkwk. Buat ke Merlion kan gratis nggak pakai tiket masuk, tinggal buat ke Garden by the bay nya nih. Aku beli tiketnya di Trave*oka, lumayan jadi ada potongan sekitar 50 ribuan setiap tiketnya. Aku beli 2 tiket seharga 465.767 rupiah. Nanti di sana kita tinggal scan tiketnya aja, nggak perlu dicetak ulang.

Nah itu tadi persiapan-persiapanku sebelum D-Day. Flight besok pagi jam 07.25 WIB. Jadi kita kudu berangkat ke Bandara Adisucipto pagi pagi banget, paling nggak 2 jam sebelumnya kita dah harus sampe sana. Oiya, sebelumnya kita juga udah check in terlebih dahulu via aplikasi Air As*a. Dengan check in ini kita bakal tau dapet nomor kursi berapa. Untuk pesawat berangkatnya aku dapet kursi sebelahan dengan suami, tapi pulangnya enggak huhuhu, tapi nggak papa deh secara beli tiketnya juga nggak barengan wkwk. Besok lamanya di pesawat sekitar 2 jam 15 menitan. Waktu Indonesia sama Singapura beda 1 jam-an. Semua persiapan insyaallah dah komplit, malamnya bener-bener waktunya istirahat, jangan sampai besok kecapean atau bangun kesiangan :")

-Lanjut ke Cerita Habis Liburan : 2 Days 1 Night 'Dadakan ke Singapore' Part 2-

-Tulisan dan foto oleh Lia Malinda-

Reactions

Posting Komentar

0 Komentar