2D1N Liburan ke Kota Semarang (Part 2) : Kuil Sam Poo Kong & Kota Lama Semarang

 

Kuil Sam Poo Kong Semarang - habisliburan.com

Haloo Sobat Habisliburan... kembali lagi nih :D kali ini aku bakal lanjutin cerita habisliburanku ke Kota Semarang yang sebelumnya udah aku tulis di Part 1nya yaa :)

Hari Kedua

Nah, di hari kedua ini, aku sama bude bangun di pagi hari, lanjut sarapan di hotel. Sedikit review untuk menu sarapan di Hotel Horison Inn Alaska Simpang Lima Semarang, yakni menu sarapannya cukup komplit dilengkapi menu standar hotel bintang ⭐⭐⭐, seperti terdapat pilihan menu aneka lauk+nasi, pasta, aneka macam pastry, salad sayur+buah, mie godhog, aneka jenang, dsb. Untuk rasanya juga cenderung enak 👍 Puas lah sarapan di hotel ini.

Menu Sarapan di Hotel Horison Inn Alaska Simpang Lima Semarang - habisliburan.com

Selesai sarapan, kita langsung balik ke kamar hotel dan bersiap untuk menuju ke tempat-tempat wisata yang ada di Semarang. Kita juga memutuskan untuk sekalian melakukan check-out hotel di pagi hari. Agenda hari ini adalah ke Kuil Sam Poo Kong, Kota Lama Semarang, Bandeng Juwana, dan Shelter DayTr*ns. 

Destinasi pertama adalah Kuil Sam Poo Kong yang terletak di Jl. Simongan, Semarang Barat, Kota Semarang. Sebelumnya aku juga pernah berkunjung ke kuil Sam Poo Kong di tahun 2018. Ntah kenapa kali kedua datang ke tempat ini rasanya tempat lebih bersih dan rapi. Kala itu tidak seramai saat kunjungan kali pertamaku, karena kita memang sengaja datang di hari weekday agar bebas berkeliling. Tiket yang kita beli adalah tiket umum seharga 15rb per orang (dewasa) untuk weekday. Sedangkan untuk weekend dibanderol dengan harga 20rb per orang (turis lokal dewasa). Jenis tiket ini hanya bisa digunakan untuk di area halaman kuil saja. Di Kuil Sam Poo Kong sendiri juga terdapat jenis tiket masuk lainnya, seperti Tiket Terusan dan Tiket Spesial yang bisa mendapatkan lebih banyak akses, bahkan dapat masuk ke area dalam kuil. Pembelian tiketnya juga bisa secara offline (datang langsung) atau via aplikasi seperti Tr*veloka, Tick*t.com. Untuk jam buka kuil ini setiap hari Senin-Minggu dimulai sejak jam 08.00 WIB. Untuk info lebih lengkapnya bisa langsung cek di website resminya di https://www.sampookong.co.id/ yaa sobat.

Kuil Sam Poo Kong Kota Semarang - habisliburan.com

Pose Dulu di Kuil Sam Poo Kong Kota Semarang - habisliburan.com

Masuk ke area halaman kuil, berkeliling lah kita, tidak lupa foto-foto sejenak. Seperti yang telah aku katakan sebelumnya, areanya luas, sangat bersih dan rapi. Semuanya terawat dengan baik. Banyak juga ditemukan pedagang-pedagang makanan, minuman, dan souvenir di sana. 

Karena Kota Semarang kala itu panas terik, dan jam sudah menunjukkan hampir 11.30 siang, jadi kita hanya berkeliling sebentar, foto-foto, ambil video dan kita putuskan untuk langsung lanjut ke destinasi berikutnya, yakni Kota Lama Semarang. Oiya, saran kalau mau jalan-jalan atau berkeliling ke kuil ini, lebih baik sejak pagi hari atau bahkan di sore hari saja, agar lebih nyaman dan tidak terlalu panas :)

Lanjut ke Kota Lama Semarang. Nah disini sebenarnya terjadi kejadian lucu dan memalukan, kayaknya sih nggak bakal bisa terlupakan hahahaha.
Jadi ceritanya, di pagi hari sewaktu kita akan menuju ke Kuil Sam Poo Kong, kita menggunakan Go C*r untuk menuju ke sana. Waktu itu, karena tahu kita dijemput dari hotel, driver menawarkan paket trip keliling seharian di Kota Semarang. Karena aku bingung nolaknya, aku bilang aja nanti habis dari Sam Poo Kong mau dijemput saudara dan mau ke rumah saudara. Nah, udah kan.. Turun lah kita jalan-jalan tadi itu di Sam Poo Kong. Selesai keliling, pesan Go C*r lagi buat otw ke Kota Lama Semarang. Jalan menuju ke Kota Lama Semarang lumayan banyak belak belok, masuk-masuk ke gang-gang. Di sepanjang gang-gang dekat area Kota Lama juga banyak toko atau cafe-cafe. Sebenarnya menurutku lebih enak kalo jalan kaki atau naik sepeda motor ke sini, jadi lebih fleksibel kalau mau berhenti atau mampir2 hehe. 

Lanjut..kita turun di area Kota Lama Semarang yang cukup ikonik (karena sering liat di TikTok). Turunlah kita dan mulai berkeliling. Waktu itu lokasi lumayan sepi, jadi bebas jalan-jalan dan keliling-keliling. Oiya ke sini free ya sobat, bayar kalo ke cafe atau restonya wkwkwk. Tidak lupa foto-foto juga lah di sana, take video juga sambil ngeliatin ada orang yang lagi foto Pre-Wedding. Memang tempatnya bagus sih, nuansa bangunan-bangunan tua tapi cukup terawat. Kawasannya tertata rapi dan juga bersih. Kalau di Jogja seperti di area titik nol kilometer. Lokasinya bagus buat yang mau foto-foto cantik. Cuma sama seperti di Sam Poo Kong tadi, mending prefer datang di pagi hari banget atau sore hari, lebih enak cuacanya dan lebih nyaman. Aku datang pas di siang hari karena ngejar sore harus balik ke Jogja, jadi panas banget dan gampang kerasa capeknya 😥
Oiya, video ke Kota Lama Semarang udah kita upload juga ya di TikTok habisliburan, bisa kalian klik di link ini yaa :D

Kota Lama Semarang - habisliburan.com

Area di Kota Lama Semarang - habisliburan.com

Area di Kota Lama Semarang - habisliburan.com

Setelah puas jalan-jalan dan berkeliling. Kalau misal aku punya waktu lebih, aku bakalan mampir ke cafe-cafe di sekitar area Kota Lama, karena memang banyak pilihannya dan banyak yang menarik. Namun, karena waktuku singkat, jadi kita putuskan untuk langsung menuju ke toko oleh-oleh Bandeng Juwana dan lanjut ke shelter DayTr*ns untuk bersiap kembali ke Jogja. Nah, disinilah kejadian lucu memalukan itu terjadi :")

Lanjut ke cerita tadi di atas, pesanlah kita Go C*r lagi untuk menuju ke Bandeng Juwana. Cukup lama nih dapat drivernya, karena mungkin tidak terdapat driver di sekitaran situ. Lama menunggu, akhirnya dapatlah driver, tapi lokasinya memang agak jauh. Sabarlah kita menunggu dan nggak ekspektasi atau feeling apapun wkwkwkw. Nunggu agak lamaan, akhirnya sudah deket nih drivernya. Daaannnnn yang mengejutkan adalah, mobil sampai tepat di depan kita, driver tiba-tiba buka pintu mobil sambil teriak "Katanya dijemput di Sam Poo Kong! 😜", Langsung loading lah otakku ini, mikir cepet walah itu tadi driver yang aku tolak tadi, dan aku bilang mau dijemput saudara di kuil Sam Poo Kong 😱 Sumpahhh malu bangettttt, mau sembunyi tapi nggak bisaaa. Akhirnya aku jawab aja, saudaranya nggak jadi bisa jemput Pak :")) Wkwkwkw. Malunya masih kerasa sampai sekarang. Kok ya bisa lhoo dapetnya sama, padahal tadi Bapaknya titik lokasinya jauh wkwkwk. Dan kok bisa akutu nggak ngeh sama sekali wkwk. Pengalaman banget sih ini, maluuu. Hikmahnya makanya jangan boong sama orang kalau nggak mau kena batunya :") Jangan ditiru ya sobat yaa hahahaha.

Perjalanan ke Bandeng Juwana anteng aku, karena masih syok wkwk. Sampai di lokasi, wah rame banget nih sampai antre-antre, padahal weekday. Langsung cus, nggak lupa buat beli Lumpia Semarang terdabessttnya! sama Bandeng endulnya. Itu dua oleh2 wajib kalau datang ke Semarang hehe. Kelar bayar di kasir, langsung lah kita pesan Go C*r lagi buat otw ke shelter DayTr*ns dan otw pulang ke Jogja....

Sampai di Jogja sekitar pukul 18.00 WIB. Pulang langsung cerita hal memalukan tadi ke suami, masih ketawa-ketiwi saking malunya dan dilanjut istirahat :D Nah, sekian cerita habisliburanku ke Kota Semarang kali ini. Walaupun ada hal yang bikin malu parah, tapi jadiin trip kali ini sangat berkesan hahaha. See you di cerita-cerita habisliburanku berikutnya ya Sobat Habisliburan semuanyaa.. Daaahh!! :D

-Tulisan, Foto, dan Video Oleh : Lia Malinda -


Reactions

Posting Komentar

0 Komentar