'Bukit Rhema' Tempat Wisata Hits Magelang yang jadi Lokasi Syuting AADC 2

Kedai Rakyat W'dank Bukit Rhema Magelang - habisliburan.com
Kedai Rakyat W'dank Bukit Rhema
Image by : habisliburan.com

Halohaa... balik lagi di Cerita Habis Liburan. Cerita habis liburan kali ini bahkan untuk nginget dan mau nulisnya aja udah bikin senyum-senyum sendiri. Keinget sama pengalaman liburanku kali ini yang bener-bener mengesankan dan tak terlupakan.

Cus ku ceritain yaa..

Jadi, liburanku kali ini pergi ke tempat yang namanya Bukit Rhema di daerah Magelang, Jawa Tengah. Sebelumnya sih aku tahunya tempat ini tuh namanya Gereja Ayam. Dulu pernah waktu kuliah ada temen yang bahas tentang tempat ini, dan disebutnya Gereja Ayam. Trus tahu juga waktu nonton film AACD 2, ada adegan si Cinta ma Rangga pagi-pagi subuh-subuh naik ke atas Gereja Ayam ini.

Di Bukit Rhema, selain ada gereja, juga ada kayak cafenya gitu, namanya Kedai Rakyat W'dank Bukit Rhema. Kayaknya tempatnya asyik. Bisa nongkrong sambil liat pemandangan alam yang hijau-hijau.

Fix lah kuputuskan berangkat ke sana di hari-hari biasa, bukan weekend. Aku ke sana dengan bude dan juga tanteku. Pagi-pagi kita udah siap-siap, berangkat dari rumah (Jogja) jam 9 pagi. Biasanya sih kalau ke arah Magelang aku lewat Jalan Magelang lurus terus. Nah kali ini beda, aku memilih lewat Jalan Godean, trus Kalibawang, lurus terus. Sekali-kali lewat jalan beda dan menantang kan haha. Jalannya sih emang cenderung sepi, tapi emang naik turun gitu.

Dengan bermodalkan ngikutin arah GPS, nggak kerasa tahu-tahu dah sampe lokasi. Udah ada petunjuk parkir Bukit Rhema. Langsung cus parkir.

Dari lokasi parkirku ini ternyata untuk menuju ke Bukit Rhema harus naik ke atas. Tanya ke mas-mas yang jaga parkir sih katanya deket. Yaudah deh kita putuskan untuk jalan kaki. Sebelum naik ke atas, di sana udah ada warga-warga sekitar yang nawarin buat naik ojek. Bakal diantar buat ke atas. Tapi tetep kita putuskan buat jalan kaki aja, itung-itung olahraga. Sok-sokan sih sebenernya, belum tahu apa yang akan terjadi selanjutnya... :")

Jalan naik menuju bukit rhema dari parkiran bawah - habisliburan.com
Jalan naik menuju bukit rhema dari parkiran bawah
Image by : habisliburan.com

Nah, mulailah kita selangkah demi selangkah menapaki jalan menuju ke arah Bukit Rhema. Satu dua langkah aman.. lanjut lha kok naik naik nih jalan. Kaki udah mulai berat. Jalan yang kita lalui juga baru perbaikan, jadi masih tanah dan batu-batu. Waduhh.. kok lumayan yaa.

Pas di samping ada bapak-bapak penduduk sekitar, nggak sabar lah aku, ku tanya ke bapaknya.

"Pak, Bukit Rhemanya masih jauh nggak Pak?"

"Nggak kok mbak tinggal lurus dikit belok kiri sampe"

"Baik pak, ini memang baru diperbaiki jalannya Pak?"

"Iya mbak, ini nanti kendaraan bakal bisa naik ke atas, bisa parkir di atas langsung mbak, kira-kira jadi habis lebaran"

Lha malah jadi ngobrol sama bapaknya. Bapaknya ramah abis sih.

Udah cukup gali informasi, dan matur nuwun ke bapaknya, lanjut deh kita naik ke atas yang katanya tinggal dikit itu.

Dasar aku anak jarang olahraga, jalan gini aja udah tepar kayak mau pingsan. Tapi alhamdulillah bisa sampe atas. Nemu deh kita sama loket karcisnya :")

Selesai beli tiket, dapet voucher potongan harga buat beli makanan/minuman, dan juga free makanan  traditional (tela goreng) yang bisa ditukerin di sana. Sebenernya sih kita ditawarin buat naik mobil jeep ke atas, atau bisa pesen juga buat baliknya pas turun. Tapi biasa, ku tolak. Berasa kuat-kuat aja tuh. Ternyata perjuangan tadi belum selesai, masih kudu jalan naik ke atas lagi guyss. Oke fine. Bismillah..

Tiket Bukit Rhema + free traditional food - habisliburan.com
Tiket Bukit Rhema + free traditional food
Image by : habisliburan.com

Voucher potongan snack di Kedai Bukit Rhema - habisliburan.com
Voucher potongan snack di Kedai Bukit Rhema
Image by : habisliburan.com

Voucher potongan Kopi/Nasi Goreng di Kedai Bukit Rhema - habisliburan.com
Voucher potongan Kopi/Nasi Goreng di Kedai Bukit Rhema
Image by : habisliburan.com

Tante sama Bude ku cepet banget dah sampe atas aja, aku dah 'klemat-klemet' banget, rasanya lemes buat ngelangkahin kaki. Nggak kuat deh. Dulu waktu muda buat jalan jauh kuat-kuat aja, lha ini kok malah 'mlempem'. Hadeh. Badan nggak kuat, tapi mulut mencoba memberikan sugesti pikiran positif.

"Ayo kuat kuat pasti kuat" sambil komat-kamit tapi tetep ketinggalan jauh di bawah.

Perjalanan naik ke Bukit Rhema - habisliburan.com
Perjalanan naik ke Bukit Rhema
Image by : habisliburan.com

Akhirnya setelah perjuangan penuh dengan air keringat sampailah kita di atas. Di detik terakhir aku semangat gara-gara liat warung yang jual es kelapa muda. Langsung lah lari dan pesen. Udah puas minum kelapa muda yang seger-seger. Udah keliatan noh Gerejanya. Waaaa, akhirnya sampai jugaaaa.

Gereja Ayam Bukit Rhema- habisliburan.com
Gereja Ayam Bukit Rhema
Image by : habisliburan.com

Pintu masuk Bukit Rhema - habisliburan.com
Pintu masuk Bukit Rhema
Image by : habisliburan.com

Sebelum masuk ke dalam gereja, bakal ada petugas yang akan memandu dan memberikan informasi ke kita. Dan di sini aku baru tahu, gereja ini bukan gereja berbentuk Ayam, tapi Burung Merpati. Salah berarti aku selama ini. Petugas juga akan memandu ada apa aja di gereja ini, apa aja yang bisa kita nikmati di sini. Bakal dijelasin juga kapan berdirinya, siapa pendirinya, dan apa maksut/tujuan didirikan. Jarang-jarang sih nemu tempat wisata yang dijelasin langsung sama petugasnya kalau kita nggak bayar tour guide sendiri.

Tentang Bukit Rhema - habisliburan.com
Tentang Bukit Rhema
Image by : habisliburan.com

Buat naik ke bagian Mahkota kita harus naik ke lantai 7 dan menaiki tangga. Hah, tinggi juga yaa pikirku. Belum selesai berarti perjalananku tadi ini. Untuk ke kedai bisa di lantai 2 dan atasnya lagi.

Selesai dijelaskan, selanjutnya kita dipersilahkan untuk mengambil kertas berisi God's Words, masing-masing bisa ambil 1 kertas. Dah gitu mulai deh kita touring.

God's Words Bukit Rhema - habisliburan.com
God's Words Bukit Rhema
Image by : habisliburan.com

Waaaa, ternyata dalemnya bagus banget. Di sini ada tempat ibadah (Rumah Doa) berbagai agama.

Ruang Doa di Bukit Rhema - habisliburan.com
Ruang Doa di Bukit Rhema
Image by : habisliburan.com

Jalan menuju ruang doa Bukit Rhema - habisliburan.com
Jalan menuju ruang doa Bukit Rhema
Image by : habisliburan.com

Lanjut jalan, ada 'Wall of Hope' pengunjung bisa menuliskan harapan/doanya di sini. Aku juga nulis donggg.

Wall of Hope Bukit Rhema - habisliburan.com
Wall of Hope
Image by : habisliburan.com

Ruang Doa Budha Bukit Rhema - habisliburan.com
Ruang Doa Budha
Image by : habisliburan.com

Jalan menuju ruang doa - habisliburan.com
Jalan menuju ruang doa
Image by : habisliburan.com

Penasaran sama bagian mahkota di lantai paling atas, lanjut deh satu persatu ku naiki tangga. di lantai ke dua disediakan seperti tempat untuk pemutaran film. Tempatnya cukup luas dan terdapat foto-foto tentang tempat ini.

Ruang pemutaran film di Bukit Rhema - habisliburan.com
Ruang pemutaran film di Bukit Rhema
Image by : habisliburan.com

Koleksi foto-foto di Bukit Rhema - habisliburan.com
Koleksi foto-foto di Bukit Rhema
Image by : habisliburan.com

Lanjut satu persatu tangga ku naiki. Tangga yang disediakan terbuat dari kayu, dan cukup kecil jadi harus stay hati-hati. Di setiap lantainya kita bisa melihat banyak mural di sana, hasil karya seni yang tentunya memilik makna-maknanya tersendiri. Ada juga lantai yang menyajikan hasil fotografi berupa foto-foto keindahan Indonesia dan gunung-gunung di Indonesia.

Lukisan/mural di salah satu lantai Bukit Rhema - habisliburan.com
Lukisan/mural di salah satu lantai Bukit Rhema
Image by : habisliburan.com

Lukisan/mural di salah satu lantai Bukit Rhema - habisliburan.com
Lukisan/mural di salah satu lantai Bukit Rhema
Image by : habisliburan.com

Hasil fotografi Indonesia di salah satu lantai Bukit Rhema - habisliburan.com
Hasil fotografi Indonesia di salah satu lantai
Image by : habisliburan.com

Pemandangan sekitar Bukit Rhema - habisliburan.com
Pemandangan sekitar Bukit Rhema
Image by : habisliburan.com

Setelah berpegal-pegal ria, sampailah kita di paling atas. Nah kalau buat ke Mahkotanya kita harus antre dulu nih. Nggak bisa bersamaan ke atas, maksimal cuma bisa antara 6-8an orang kalau nggak salah. Berhubung diatas masih ada orang, kita tunggu dulu sambil duduk-duduk di kursi yang sudah disediakan.

Dirasa cukup, petugas memanggil pengunjung yang berada diatas dan memberitahu untuk segera bergantian dengan pengunjung lainnya. Mereka pun turun, dan kesempataan kita untuk naik. Aku naik ke atas dengan tante, bude nggak mau naik, tunggu di bawah aja katanya.

Okedeh, naik ke tangga besi yang melingkar. Sampailah di bagian Mahkota. Oemjiiiii. Bener-bener bagus pemandangan dari atas. Serasa naik ke menara tertinggi. Pemandangan sekitar hijaunya pepohonan dan juga bukit-bukit. Langsung deh foto-foto.

Pemandangan dari bagian Mahkota Bukit Rhema Gereja Ayam - habisliburan.com
Pemandangan dari bagian Mahkota
Image by : habisliburan.com

Pemandangan dari bagian Mahkota Bukit Rhema Gereja Ayam - habisliburan.com
Pemandangan dari bagian Mahkota Gereja Ayam
Image by : habisliburan.com

Pemandangan dari bagian Mahkota Bukit Rhema Gereja Ayam - habisliburan.com
Pemandangan dari bagian Mahkota Gereja Ayam
Image by : habisliburan.com

Pemandangan di bagian paruh di Gereja Ayama Bukit Rhema - habisliburan.com
Pemandangan di bagian paruh di Gereja Ayama Bukit Rhema
Image by : habisliburan.com

Dah puas jepret-jepret, turun deh ke bawah. Makasih ke mbaknya yang jaga. Lanjut menuruni satu per satu anak tangga. Tujuan selanjutnya ke Kedai Bukit Rhema, yang lokasinya kalau tadi itu di bagian kepala burung merpati, ini berada di bagian ekornya. Sampai ke kedai, kita tukerin deh tadi kupon gratis 'traditional food' nya yaitu tela goreng. Lumayan buat nggajel perut. Enak juga nih 'tela' nya. Dasar lidah Indonesia tulen hahaha.

Kedai Rakyat W'dank Bukit Rhema - habisliburan.com
Kedai Rakyat W'dank Bukit Rhema
Image by : habisliburan.com

Kedai Rakyat W'dank Bukit Rhema - habisliburan.com
Kedai Rakyat W'dank Bukit Rhema
Image by : habisliburan.com

Kedai Rakyat W'dank Bukit Rhema - habisliburan.com
Kedai Rakyat W'dank Bukit Rhema
Image by : habisliburan.com

Pemandangan di Kedai W'dank ini juga nggak kalah apik, tetep keren. Kita juga bisa pesan makanan dan minuman di sini. Bisa juga dengan menukarkan voucher potongan makan/minum tertentu di sini. Voucher yang kita dapat saat pembelian tiket masuk tadi. Di sini ada semacam makanan angkringan nasi kucing, gorengan, paket minum dengan roti goreng, berbagai macam kopi dengan nama-nama ala AADC, thai tea dan masih banyak lainnya. Untuk harga juga tidak terlalu mahal. Bisa beli camilan dan souvenir juga di sini. Oiya bisa bayar pakai GoPay juga lho.

Aneka makanan di Kedai W'dank Bukit Rhema - habisliburan.com
Aneka makanan di Kedai W'dank Bukit Rhema
Image by : habisliburan.com

Thai Tea dan Roti Goreng ala Bukit Rhema - habisliburan.com
Thai Tea dan Roti Goreng ala Bukit Rhema
Image by : habisliburan.com

Aneka souvenir yang bisa dibeli di Bukit Rhema - habisliburan.com
Aneka souvenir yang bisa dibeli di Bukit Rhema
Image by : habisliburan.com

Selesai istirahat dan menikmati pemandangan, dah mulai ramai nih kedai. Udah puas, siap-siap buat balik. Karena kaki dah lemes, dan perjalanan menuju ke area parkiran masih jauh. Akhirnya, kita putuskan buat naik Mobil jeep aja hahaha (nyerah juga). Per orang dikenakan biaya 10.000 rupiah.
Yang bikin nyesek kemudian, karena aku parkirnya di parkiran bawah, jadi mobil jeep nggak bisa antar sampe area parkiran, cuma bisa sampai area loket karcis tadi. Tapi kalau aku tadi parkirnya di area satunya yang lewat arah dari Candi Borobudur bisa diantar langsung ke area parkiran.  Whaatttttt!!!! jadi naik mobilnya nggak berasa dong, harus tetep ngelewati dronjongan dengan jalan kaki. Ini nih salah satu contoh sakit tapi nggak berdarah :'') Niat tadi awal berangkat lewat jalan beda, nggak lewat Borobudur, yah malah salah dapet parkiran huhuhu. Nggak papa deh buat pengalaman, tetep ketawa-ketawa aja mesti nyesek.

Mobil jeep di Bukit Rhema - habisliburan.com
Mobil jeep di Bukit Rhema
Image by : habisliburan.com

Nunggu jeepnya datang dan akhirnya datang juga.. Perasaan ni pantat baru nempel ee tau tau dah sampai loket aja. Turun deh kita, lanjut jalan kaki lagi. Di jalan, ketemu si bapak lagi deh hahaha, sok-sokan say goodbye gitu. Nah pas kita turun ada nih rombongan keluarga naik ke atas, wahahaha sama nih nasibnya kayak kita. Langsung aku kasih tau, pokoknya nanti di atas naik jeep aja berangkat sama pulangnya. Masih jauh, di lokasi juga masih naik-naik. Semangat! Mereka ngangguk-nggangguk siap menuruti.

Yaaaaahhhh... sampailah kita di area parkiran. Huft, langsung 'gembrobyos' tapi seneng. Pengalaman baru. Dan tak terlupakan. Selalu ada cerita seru di setiap liburan. Tunggu cerita liburanku selanjutnya yaaa.... Daaaahhhh :D
--------------------------------------------------------------------
Nama Tempat : Bukit Rhema (Gereja Ayam, Kedai Rakyat W'dank Bukit Rhema)
Lokasi : Karangrejo Gombong, Kurahan, Kembanglimus, Kec. Borobudur, Magelang, Jawa Tengah
Google Maps : https://goo.gl/maps/sSzeoGBYDeiaYv9x9
Jam Buka/Tutup : Pukul 06.00-18.00 WIB
Fasilitas : Lokasi parkir ada dua tempat, resto/kedai, toilet
---------------------------------------------------------------------
Tulisan dan Foto oleh Lia Malinda


Reactions

Posting Komentar

0 Komentar