Staycation di Hotel Abhayagiri (SWH Resort) Jogja (Part 1)


Abhayagiri - SWH Resort - habisliburan.com

Halo Sobat Habisliburan... kembali lagi dengan Cerita Habisliburanku yang kali ini datangnya masih dari daerah di sekitar Provinsi DIY (Daerah Istimewa Yogyakarta). Semenjak pandemi Covid 19 melanda di Indonesia, sama sekali belum berani buat berlibur ke luar kota nih sobat. Bahkan untuk waktu liburan pun terhitung jarang banget nih sekarang. 

Karena kita udah lama banget nggak liburan nginep di tempat lain (selain rumah), jadi kita putuskan pingin staycation lagi di hotel. Sebelumnya, kita browsing dulu nih, kira-kira hotel mana di Jogja yang tempatnya oke, bersih, worth it, fasilitas komplit (apalagi untuk staycation) dan aman/ memenuhi standar protokol kesehatan Covid 19 (ini nih yang paling penting). 

Setelah, cari-cari via Google dan aplikasi booking online, akhirnya pilihan kita jatuh pada SWH Resort (Sumberwatu Heritage Resort) yang berlokasi di Dusun Sumberwatu, Sambirejo, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Resort ini jadi satu dengan Abhayagiri Restaurant. Abhayagiri restaurant merupakan salah satu resto yang memiliki pemandangan keren di Jogja dengan nuansa hijaunya sawah dan pemandangan Candi Prambanan yang bisa kita lihat dari ketinggian di resto ini.

Waktu itu kita booking hotel untuk hari Rabu via aplikasi booking online (kebetulan hari Kamisnya pas tanggal merah). Waktu check-in di hotel ini pukul 14.00 wib, sedangkan untuk waktu check-outnya pukul 12.00 wib. Di hari Rabunya, kita memang merencanakan untuk berangkat dari rumah sejak pagi hari. Rencananya kita akan sarapan dulu di Kopi Klotok Menoreh di daerah Kulon Progo, baru setelah itu lanjut menuju ke hotel untuk check-in. 

Kita sampai di SWH Resort pukul 13.30 wib. Untuk parkir kendaraan ternyata masuk dari pintu belakang (bagian belakang hotel), bukan masuk dari resto atau bagian depan hotel. Sebelumnya kita salah masuk, kemudian ada petugas hotel yang memberitahu dan menuntun jalan untuk masuk ke arah bagian belakang hotel. 

Setelah sampai di parkiran hotel, di sana sudah ada petugas yang bersiap untuk mengecek suhu tubuh dan siap untuk membawakan barang bawaan kita. Waktu itu, di lokasi parkiran bener-bener sepi, hanya ada kendaraan kita satu-satunya. Rasanya seperti menginap di hotel pribadi :D O iya, sebelum masuk ke dalam, jangan lupa untuk mencuci tangan terlebih dahulu di tempat yang telah disediakan sebagai salah satu penerapan standar protokol kesehatan Covid 19 di hotel ini. 

Plang Hotel SWH (Sumberwatu Heritage) - habisliburan.com

Jalan menuju ke bagian lobby hotel (disediakan tempat cuci tangan) - habisliburan.com

Jalan menuju lobby hotel SWH Resort - habisliburan.com

Setelah selesai mencuci tangan, lanjut kita melangkah menuju ke bagian resepsionis. Memasuki lobby hotel, kita diwajibkan untuk menginjak karpet hijau yang berfungsi sebagai disinfektan untuk alas kaki. Di bagian resepsionis ini, kita diminta untuk menunjukkan KTP dan juga mengisi serta menandatanganni form check-in hotel. Karena kita berasal dari kota yang sama (yakni Jogja), saat itu kita ditanya apakah ada surat hasil tes antigen, kita jawab tidak, karena nyatanya memang tidak ada, selanjutnya kita diminta untuk mengisi form terkait Covid 19 via online. Pertanyaan di dalam form online tersebut seperti apakah dalam seminggu/ beberapa hari ini mengalami gejala seperti demam, flu, sesak nafas, dsb. Apakah selama seminggu/ beberapa hari ini ke pergi ke luar kota atau tidak? dsb.

Bagian lobby hotel SWH Resort - habisliburan.com

Area lobby hotel SWH Resort - habisliburan.com

Selesai isi form, pihak resepsionis menjelaskan banyak hal kepada kita, seperti dimana letak kamar,  memberitahu bahwa di dalam kamar sudah disediakan masker, hand sanitiser, teh, kopi, air mineral, welcome drink, camilan snack dan minuman di dalam kulkas yang semuanya FREE untuk tamu. Selanjutnya juga dijelaskan bahwa hotel memiliki fasilitas untuk tamu FREE di pagi hari, yakni cycling rute ke Candi Barong dengan pemandu, Jemparingan (seni memanah tradisional), dan Tenis Meja. Untuk fasilitas lainnya, namun dikenakan biaya tambahan yakni Jeep Tour, Rent Car, "Hastaprana" massage and reflexology, dll. Sedangkan untuk sarapannya, kita diarahkan untuk menuju ke bagian Abhayagiri Restaurant di pagi hari sekitar pukul 07.00-10.00 wib.   

Lanjut, menuju ke kamar hotel. Kamar kita berada di lantai bawah, sedangkan untuk kamar hotel yang ada di lantai atas, harganya sedikit lebih mahal. Perbedaannya, terletak pada view pemandangan dari arah kamarnya. Untuk jumlah kamar di hotel SWH Resort ini kira-kira ada sebanyak 20 kamar terbagi di lantai atas dan bawah. SWH Resort ini juga menyediakan penginapan khusus untuk keluarga dengan jumlah orang yang cukup banyak. Penginapan tersebut berbentuk Villa dan tentunya nggak kalah keren dari kamar hotel yang standar. 

Memasuki area dalam kamar, fasilitas kamar sangat komplit. Kamar mandi di dalam kamar hotel dilengkapi dengan fasilitas bathup, berbagai perlengkapan aminities seperti sabun cair, shampo, sikat gigi, odol, shower cap, dsb. Hair dryer juga disediakan di sini. 

Wastafel kamar mandi hotel SWH Resort - habisliburan.com

Bathup di dalam kamar mandi hotel SWH Resort - habisliburan.com

Toilet kamar mandi hotel SWH Resort - habisliburan.com

Wastafel dan fasilitas hotel SWH Resort - habisliburan.com

Lanjut ke bagian lain dalam kamar, disediakan juga lemari yang cukup besar disertai dengan hanger, brankas (untuk menyimpan barang-barang berharga milik tamu), kulkas mini yang isinya free untuk tamu, kimono dan sandal hotel, fasilitas air mineral, kopi, teh, serta sajadah untuk sholat. 

Lemari, kulkas mini, dan fasilitas air mineral, kopi, teh dalam kamar hotel - habisliburan.com

Kimono dan sandal hotel SWH Resort - habisliburan.com

Air mineral, teh, kopi untuk tamu kamar hotel SWH Resort - habisliburan.com

Kulkas mini beserta isinya yang free untuk tamu hotel - habisliburan.com

Tersedia sajadah di dalam kamar hotel SWH Resort - habisliburan.com

Fasilitas lain seperti Televisi dengan channel tv kabel, AC, masker dan hand sanitiser, welcome drink juga tersedia di dalam kamar hotel. Hotel ini membawa konsep tradisional modern. Selain fasilitas jemparingan yang unik dari hotel ini, desain kamar hotel juga di dominasi dengan desain batik yang mencerminkan kekhasan Negara Indonesia, mulai dari dinding kamar, lantai kamar, bantal kecil di atas tempat tidur, kimono dan juga sandal hotelnya. 

Kamar hotel SWH Resort - habisliburan.com

Kartu welcome guest dan free masker, hand sanitiser untuk tamu hotel - habisliburan.com

Welcome drink (buah apel dan jamu) SWH Resort - habisliburan.com

Tempat tidur dalam kamar hotel SWH Resort - habisliburan.com

Dalam kamar SWH Resort - habisliburan.com

Fasilitas tv dengan channel tv kabel dalam kamar hotel - habisliburan.com

List Guest Activity SWH Resort - habisliburan.com

Teras di luar kamar hotel SWH Resort - habisliburan.com

Sore harinya, kita ditelpon oleh petugas hotel dan ditanyai menu apa yang kita pilih untuk menu breakfast besok pagi. Karena di buku menu terdapat dua macam menu jadi kita memilih kedua menu tersebut. Selain itu, kita juga bisa memesan menu makanan dan minuman yang ada di Abhayagiri Restaurant di jam-jam diluar jam breakfast. Untuk macam menunya juga sudah tersedia di dalam kamar hotel. 

Macam menu untuk breakfast di Abhayagiri restaurant - habisliburan.com

Hari itu benar-benar kita habiskan untuk menikmati kamar hotel beserta fasilitasnya yang oke punya. Lanjut besok cerita bagaimana keseruan kita sarapan pagi di Abhayagiri Restaurant, dan aktivitas pagi apa yang akhirnya kita pilih untuk mengisi jadwal staycation kita di hotel ini. See you di part 2 yaaa :D Oiya jangan lupa juga cek videonya di akun TikTok Habisliburan yaa. Bisa kalian cek di sini --> Abhayagiri - SWH Resort Part 1 :)
-----------------------------------------------------------------------------------------------------------
Nama Hotel : Abhayagiri - SWH Resort (Sumberwatu Heritage Resort)
Bintang : **** (Empat)
Lokasi : Dusun Sumberwatu, RT 02/RW 01, Sambirejo, Prambanan, Dowang Sari, Sambirejo, Sleman, DIY 55571
Google Maps : https://goo.gl/maps/o4oqpZ8yz7MgTxkB8
Waktu Check-in/ Check Out : Check-in 14.00 wib, Check-out 12.00 wib
Fasilitas : Parkir luas, Abhayagiri Restaurant, Taman dan persawahan, Kolam Renang, Massage, Villa, Jemparingan, Cycling, Jeep Tour, Tenis meja, Rent Car, dll.
Website : www.sumberwatuheritage.com
-------------------------------------------------------------------------------------------------------------

-Tulisan, Foto, dan Video oleh : Lia Malinda - 

Reactions

Posting Komentar

0 Komentar